PROSES PEMBENTUKAN KATA DAN PERUBAHAN MAKNA PADA BAHASA GAUL REMAJA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK

Rafinda Raihan, 121411133019 (2018) PROSES PEMBENTUKAN KATA DAN PERUBAHAN MAKNA PADA BAHASA GAUL REMAJA DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BI.24 18 Rai p.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FS.BI.24 18 Rai p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pola Pembentukan Kata dan Perubahan Makan Pada Bahasa Gaul Remaja di Media Sosial Facebook” merupakan karya yang bertujuan untuk mendeskripsikan pola pembentukan kata dan perubahan makna pada bahasa gaul remaja di media sosial Facebook. Karya ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian merupakan data tertulis berupa ujaran atau tuturan yang terdapat pada status dan komentar di Facebook. Sumber data penelitian ialah penggunaan bahasa gaul yang terdapat dalam media sosial pada pemilik akun Facebook yang tergolong masih berusia remaja. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, baca, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah mengumpulkan dan mengelompokkan data untuk menentukan pola pembentukan bahasa gaul serta melibatkan perubahan makna yang terjadi akibat pola pembentukannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola pembentukan kata pada bahasa gaul remaja di media sosial Facebook terdapat proses metatesis, akronim dan singkatan dan penggunaan istilah bukan sebenarnya. Adapun perubahan makna yang terjadi akibat pola pembentukannya adalah perluasan, penyempitan, ameliorasi, peyoratif, perubahan total, penghalusan, pengasaran, asosiasi dan sinestesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.24/18 Rai p
Uncontrolled Keywords: bahasa gaul, media sosial, facebook, remaja
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Rafinda Raihan, 121411133019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Jalal, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 20:57
Last Modified: 10 Jul 2018 20:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72790
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item