CASH COLLATERAL SEBAGAI OBJEK JAMINAN GADAI PADA KREDIT DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PESERO) TBK

CESARIA OKTAVIANA ABRIANI, 031514253030 (2018) CASH COLLATERAL SEBAGAI OBJEK JAMINAN GADAI PADA KREDIT DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PESERO) TBK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TMK.92 18 Abr c.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TMK.92 18 Abr c.pdf
Restricted to Registered users only until 2 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Debitor dalam mengambil kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (Bank BRI) selaku kreditor dengan menggunakan benda jaminan cash collateral (tabungan/deposito/cek/giro), maka debitor/pemilik jaminan menandatangani perjanjian pokok atau perjanjian kredit dan perjanjian accessoir atau perjanjian pengikatan benda jaminan cash collateral dengan perjanjian gadai. Perjanjian kredit dengan perjanjian gadai lebih dipilih oleh debitur antara lain cepat dan mudah karena tidak diisyaratkan dengan jaminan kebendaan pada kebendaan lainnya seperti rumah (lembaga hak tanggungan) atau kendaraan (lembaga Fidusia) yang memerlukan biaya lebih mahal dan persyaratan administrasi yang lebih kompleks, bunga kredit dengan jaminan cash collateral dinilai lebih murah, tujuan penggunaan kreditnya bebas baik itu modal kerja, investasi dan konsumtif, sebagai pengurangan pajak atas cash collateral yang debitur simpan di Bank BRI, dan dengan kredit cash collateral maka debitur dapat memperoleh dana tambahan tanpa menggunakan simpanan yang ada. Dalam perjanjian gadai tersebut terdapat penyerahan cash collateral sebagai penyerahan nyata yang merupakan unsure sahnya gadai diikuti dengan pemblokiran hingga lunasnya kredit dan kuasa dari debitor kepada kreditor untuk melakukan pencairan cash collateral dalam hal debitor wanprestasi, jika suatu saat debitor melakukan wanprestasi maka bank BRI dapat mengeksekusi langsung (parate eksekusi) terhadap jaminan cash collateral untuk melunasi kredit debitor. Eksekusi dapat dilakukan dengan pencairan (tabungan, deposito, cek, giro) untuk membayar seluruh utang pokok atau sisa utang pokok apabila telah diangsur, bunga-bunga, denda-denda dan segala biaya-biaya lainnya yang dibebankan oleh kreditor kepada debitor.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK.92/18 Abr c
Uncontrolled Keywords: Kredit, Cash Collateral, Gadai
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
CESARIA OKTAVIANA ABRIANI, 031514253030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisandi P. Usanti, Dr. S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: mhs PKL UNAIR
Date Deposited: 10 Jul 2018 22:21
Last Modified: 10 Jul 2018 22:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72900
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item