ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA SEDIMEN DAN DAUN MANGROVE Avicennia marina DI WILAYAH EKOWISATA MANGROVE WONOREJO SURABAYA = ANALYSIS OF CADMIUM (Cd) HEAVY METAL ON SEDIMENT AND MANGROVE LEAVES Avicennia marina AT MANGROVE ECOTOURISM WONOREJO SURABAYA

WISNU CHANDRA DERMAWAN, 141411131182 (2018) ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT KADMIUM (Cd) PADA SEDIMEN DAN DAUN MANGROVE Avicennia marina DI WILAYAH EKOWISATA MANGROVE WONOREJO SURABAYA = ANALYSIS OF CADMIUM (Cd) HEAVY METAL ON SEDIMENT AND MANGROVE LEAVES Avicennia marina AT MANGROVE ECOTOURISM WONOREJO SURABAYA. Skripsi thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.60-18 Dar a ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.60-18 Dar a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 4 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tumbuhan mangrove mempunyai kemampuan mengakumulasi logam berat dan membantu mengurangi tingkat konsentrasi bahan pencemar di air. Sedimen dan daun Avicennia marina berpotensi menjadi indikator kandungan logam berat kadmium pada suatu daerah. Kandungan logam berat kadmium pada Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya tidak diketahui secara pasti. Berdasarkan pedoman baku mutu lingkungan menurut Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor: KEP-MEN LH No.51/MenKLH/ 2004, ambang batas kadmium untuk biota adalah 0,001 ppm. Ambang batas kadmium pada sedimen mengacu pada Canadian Council of Ministers for the Environment (CCME) yaitu sebesar 0,7 ppm. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kandungan logam berat kadmium pada sedimen tanah dan daun mangrove Avicennia marina di sungai Jagir dan sungai Aftur Kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan survei lapangan dan pengambilan sampel lalu dilakukan uji analisa Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Parameter penunjang yang diamati pada penelitian ini adalah pH, suhu, dan salinitas. Hasil uji Spektrofotometri Serapan Atom (SSA) menunjukkan bahwa pada sungai Jagir Kawasan Ekowisata Mangrove Surabaya menunjukkan kandungan logam berat kadmium (Cd) tertinggi pada sedimen dan daun Avicennia marina masing-masing nilainya 1,025 ppm dan 0,602 ppm. Kandungan logam berat kadmium (Cd) tertinggi pada sedimen dan daun Avicennia marina di sungai Aftur Kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya adalah 1,003 ppm dan 0,622 ppm. Koefisien korelasi sedimen dan daun Avicennia marina pada sungai Jagir sebesar 0,932 dan pada sungai Aftur sebesar 0,929. Bentuk korelasi sedimen dan daun Avicennia marina positif dengan hubungan korelasi sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.60/18 Dar a
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN400-580 Ore deposits and mining of particular metals
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
WISNU CHANDRA DERMAWAN, 141411131182UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogo, S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Jul 2018 17:27
Last Modified: 03 Jul 2018 17:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72958
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item