ANALISIS PEMBERIAN ETHINYL ESTRADIOL SECARA IN VITRO TERHADAP MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA IKAN WADER (Barbodes binotatus)

Ari Sofiyanti, 081411431013 (2018) ANALISIS PEMBERIAN ETHINYL ESTRADIOL SECARA IN VITRO TERHADAP MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA IKAN WADER (Barbodes binotatus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPB 19 - 18 Sof a-Abstrak..pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPB 19 - 18 Sof a.pdf
Restricted to Registered users only until 4 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ethinyl estradiol telah mencemari lingkungan perairan dan mengadakan kontak dengan spermatozoa organisme akuatik yaitu ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efek ethinyl estradiol secara in vitro terhadap motilitas dan viabilitas spermatozoa ikan wader (Barbodes binotatus). Spermatozoa dikoleksi dengan cara stripping kemudian dipaparkan ethinyl estradiol dengan konsentrasi 0; 5; 10; 15; 25; 50 IU/mL kemudian dilakukan pengamatan mikroskopis untuk parameter durasi motilitas massa, durasi motilitas individu, kecepatan motilitas individu, dan viabilitas spermatozoa. Ethinyl estradiol menurunkan durasi motilitas massa, durasi motilitas individu dan kecepatan motilitas individu mengalami penurunan signifikan pada konsentrasi 5 IU/mL dan terus menurun hingga pada konsentrasi 50 IU/mL. Viabilitas spermatozoa menunjukkan penurunan signifikan pada konsentrasi 10 IU/mL, sedangkan pada 5 IU/mL tidak menunjukkan penurunan yang signifikan. Viabilitas spermatozoa terus menurun seiring peningkatan konsentrasi ethinyl estradiol hingga 50 IU/mL. Hasil ini menunjukkan bahwa ethinyl estradiol berefek menurunkan motilitas dan viabilitas spermatozoa. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi masyarakat untuk menampung dan mengolah limbah yang mengandung ethinyl estradiol agar dapat didegradasi sehingga tidak mencemari lingkungan perairan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 19/ 18 Sof a
Uncontrolled Keywords: ethinyl estradiol, motility, viability, sperm
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Ari Sofiyanti, 081411431013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfiah Hayati, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorListiyani Suhargo, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 03 Jul 2018 18:11
Last Modified: 03 Jul 2018 18:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72961
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item