PERUBAHAN HISTOPATOLOGI GINJAL DAN HATI IKAN KERAPU CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus DAN CANTIK Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus polyphekadion YANG TERINFEKSI BAKTERI Vibrio vulnificus = HISTOPATHOLOGYCAL CHANGES IN THE KIDNEY AND LIVER CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus AND CANTIK Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus polyphekadion GROUPERS INFECTED Vibrio vulnificus BACTERIA

PEGGY YULIA SAHARI, 141311133033 (2018) PERUBAHAN HISTOPATOLOGI GINJAL DAN HATI IKAN KERAPU CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus DAN CANTIK Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus polyphekadion YANG TERINFEKSI BAKTERI Vibrio vulnificus = HISTOPATHOLOGYCAL CHANGES IN THE KIDNEY AND LIVER CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus AND CANTIK Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus polyphekadion GROUPERS INFECTED Vibrio vulnificus BACTERIA. Skripsi thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.7418 Sah p ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.7418 Sah p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 4 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan kerapu merupakan komoditas perikanan yang bernilai ekonomis tinggi. Seiring dengan berkembangnya budidaya ikan kerapu, hibridisasi ikan kerapu juga semakin berkembang. Hibridisasi merupakan inseminasi antara spesies yang berbeda yang dapat menghasilkan hibrida dengan sifat unggul dari tiap spesies. Hibridisasi menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas genetik karena memiliki teknik yang sederhana dan tidak memerlukan biaya tinggi. Ikan kerapu hasil hibridisasi ialah ikan kerapu cantang dan ikan kerapu cantik. Budidaya ikan kerapu mengalami kendala utama yaitu kematian yang ditimbulkan oleh penyakit. Vibriosis merupakan salah satu penyakit bakteri serius yang mempengaruhi budidaya ikan dan penyebab utama penyakit pada budidaya ikan dengan kematian lebih dari 70% dalam suatu musim. Vibriosis merupakan bakteri yang disebabkan oleh bakteri Vibrio sp. Vibrio vulnificus adalah bakteri yang sering ditemukan di perairan tropis. Gejala penyakit yang ditimbulkan berupa haemoragik pada pangkal sirip, daerah suntikan dan daerah abdomen, serta pembengkakan ginjal. Budidaya ikan kerapu yang terserang vibriosis mengalami perubahan bentuk atau struktur pada bagian tubuh ikan. Perubahan bentuk atau struktur ini secara makroskopik atau kasat mata biasanya sulit untuk dilihat. Perubahan struktur hanya dapat dilihat bila jaringan tubuh ikan tersebut diamati secara mikroskopik. Infeksi V. vulnificus pada ikan kerapu hibrida belum pernah diteliti, sehingga penelitian tentang gambaran histopatologi ikan kerapu hibrida akibat serangan bakteri V. vulnificus perlu dilakukan. Penelitian ini untuk mengetahui perubahan histopatologi pada organ ginjal dan hati ikan kerapu hibrida cantang dan cantik yang terinfeksi bakteri V.vulnificus. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari empat perlakuan dan tiga ulangan. Hasil penelitian pada ikan kerapu cantang dan ikan kerapu cantik setelah diinfeksi dengan bakteri V. vulnificus menunjukkan bahwa perubahan histopatologi pada organ ginjal yaitu adanya kerusakan infiltrasi sel, kongesti, hemoragi dan degenerasi sel, sedangkan pada organ hati menunjukkan perubahan yaitu degenerasi melemak, kongesti, nekrosis, hemoragi dan edema. Ikan kerapu cantang lebih tahan terhadap serangan bakteri V. vulnificus, dibandingkan ikan kerapu cantik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.74/18 Sah p
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
PEGGY YULIA SAHARI, 141311133033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAkhmad Taufiq Mukti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorLaksmi Sulmartiwi,, Dr., S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Jul 2018 21:09
Last Modified: 03 Jul 2018 21:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72978
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item