MANAJEMEN LABA MELALUI TRANSAKSI MATA UANG ASING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Yulius Jogi Christiawan, 041317147301 (2018) MANAJEMEN LABA MELALUI TRANSAKSI MATA UANG ASING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. A. 08- 18 Chr m Abstrak .pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis. A. 08- 18 Chr m.pdf
Restricted to Registered users only until 5 July 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti apakah kondisi depresiasi dan apresiasi mata uang Rupiah,besarnya kondisikewajiban moneter dalam mata uang asing, dan kondisi laba operasional berpengaruh terhadap keberanianmanajemen melakukan manajemen laba melalui pos laba rugi selisih kurs (LRSK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2009- 2015. Berdasarkan kriteria sampel yang ditetapkan, terdapat 258 perusahaan dengan 1.420 sampel data yang memenuhi kriteria. Penelitian ini berhasil membuktikan Teori Prospek padafenomena manajemen laba melalui transaksi mata uang asing dalam beberapa kondisi. Pertama, pada kondisi apresiasi Rupiah, manajer perusahaan yang memiliki kewajiban moneter mata uang asing lebih kecil dari aset moneter mata uang asing (kondisi loss) lebih berani melakukan manajemen laba melalui pos LRSK dibanding perusahaan yang memiliki kewajiban moneter mata uang asing lebih besar dibanding aset moneter mata uang asing (kondisi gain). Kedua, manajer perusahaan yang mengalami penurunan laba operasional (kondisi loss), lebih berani melakukan manajemen laba melalui pos LRSK dibanding perusahaan yang mengalami kenaikan laba operasional (kondisi gain). Penelitian ini tidak berhasil membuktikan hipotesis pada kondisi depresiasi Rupiah. Dalam kondisi depresiasi Rupiah, manajer perusahaan yang memiliki kewajiban moneter mata uang asing lebih kecil dari aset moneter mata uang asing (kondisi gain), justru lebih berani melakukan manajemen laba dibanding dengan manajer perushaan yang memiliki kewajiban moneter mata uang asing lebih besar dari aset moneter mata uang asing (kondisi loss).

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. A. 08- 18 Chr m
Uncontrolled Keywords: manajemen laba, laba rugi selisih kurs, depresiasi Rupiah, kewajiban moneter mata uang asing, laba operasional
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance > HG3810-4000 Foreign exchange. International finance. International monetary system
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Yulius Jogi Christiawan, 041317147301UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Prof. Dr., SE., Ak., CPAUNSPECIFIED
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jul 2018 17:18
Last Modified: 04 Jul 2018 17:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72995
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item