PENGEMBANGAN DISCHARGE PLANNING DENGAN PENDEKATAN METHOD TERHADAP PERILAKU KESIAPAN PASIEN PULANG DI RUMAH SAKIT

Nurul Jannah, 131614153067 (2018) PENGEMBANGAN DISCHARGE PLANNING DENGAN PENDEKATAN METHOD TERHADAP PERILAKU KESIAPAN PASIEN PULANG DI RUMAH SAKIT. Thesis thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK TKP.09-18 Jan p ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TKP.09-18 Jan p TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 28 July 2021.

Download (982kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Introduction: Pelaksanaan discharge planning yang kurang efektif masih menjadi masalah dalam proses asuhan keperawatan, masalah yang ditemukan bahwa format discharge planning di ruang rawat inap RS.Islam Jemursari belum lengkap dan kurang berfokus pada METHOD. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun pengembangan discharge planning dengan pendekatan METHOD terhadap perilaku kesiapan pasien pulang di Rumah Sakit. Method: Penelitian ini adalah research and development (R & D) dilaksanakan dalam 2 tahap. Penelitian tahap 1, sampel sebesar 20 perawat katim dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif. Uji validitas dan reabilitas menggunakan analisis statistik product moment pearson correlation untuk uji validitas dan cronbach alpha untuk uji reliabilitas. Tahap 2, sampel sebesar 12 perawat katim yang dinilai kemampuannya dalam mengisi format discharge planning dengan pendekatan METHOD dan pasien diabetes mellitus dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan mann whitney untuk menganalisis pengaruh discharge planning dengan pendekatan METHOD terhadap perilaku kesiapan pasien pulang. Result: Hasil penelitian menunjukan bahwa format discharge planning di ruang rawat inap RS.Islam Jemursari kurang lengkap karena aspek edukasi tidak dijelaskan secara rinci, hal-hal yang akan diedukasi ke pasien tidak direncanakan sebelumnya, format kurang berfokus pada METHOD. pengembangan format discharge planning yang disusun melalui kegiatan FGD dinyatakan valid dan reliabel dengan rata-rata r hitung instrumen keseluruhan > r tabel (0,632), seluruh perawat memiliki kemampuan yang baik dalam mengisi format discharge planning dengan pendekatan METHOD. Analyzes : Penerapan format discharge planning dengan pendekatan METHOD memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perilaku kesiapan pasien pulang di bandingkan kelompok konrol. Discussion: Pengembangan discharge planning dengan pendekatan METHOD yang dikembangkan peneliti yaitu pada tahap seleksi pasien, perencanaan, implementasi dan evaluasi dari proses discharge planning. Pelaksanaan discharge planning harus dimulai dengan merumuskan sebuah edukasi yang akan disampaikan. Aspek yang diedukasi difokuskan pada METHOD yang tiap aspeknya di jabarkan terkait hal-hal yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.09/18 Jan p
Uncontrolled Keywords: Discharge planning Based on METHOD, Patient Readiness to Discharge
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Jannah, 131614153067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTintin Sukartini, Dr., S.Kp, M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorAziz Alimul Hidayat, Dr., S.Kep.,Ns, M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Jul 2018 18:39
Last Modified: 27 Jul 2018 18:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73356
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item