KOMBINASI ACTIVE CYCLE BREATHING TECHNIQUE DAN BUTEYKO THERAPY TERHADAP PEFR DAN KONTROL ASMA DI PUSKESMAS KEDUNGKANDANG DAN PUSKESMAS KENDALSARI KOTA MALANG

Julvainda Eka Priya Utama, 131614153003 (2018) KOMBINASI ACTIVE CYCLE BREATHING TECHNIQUE DAN BUTEYKO THERAPY TERHADAP PEFR DAN KONTROL ASMA DI PUSKESMAS KEDUNGKANDANG DAN PUSKESMAS KENDALSARI KOTA MALANG. Thesis thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK TKP.13-18 Uta k ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TKP.13-18 Uta k TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 28 July 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Penatalaksanaan asma difokuskan tentang bagaimana menurunkan gejala, mencegah kekambuhan dan penurunan konsumsi kortikosteroid. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh terapi non farmakologi yaitu Kombinasi Active Cycle Breathing Technique dan Buteyko Therapy terhadap PEFR dan Kontrol Asma. Metode: Penelitian ini menggunakan Quasy Experiment” dengan pendekatan Pre-Post test control grup design. Populasi penelitian adalah pasien asma di Puskesmas Kedungkandang (Kelompok Perlakuan) dan Puskesmas Kendalsari (Kelompok Kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sesuai dengan kriteria inklusi dengan total 50 responden. Intervensi latihan napas kombinasi Active Cycle Breathing Technique dan Buteyko Therapy dilakukan selama 3x/minggu selama 1 bulan. Nilai PEFR diukur dengan Peak Flow Meter dan nilai kontrol asma diukur dengan Asthma Control Test. Analisa data menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji MANOVA. Hasil: Uji pre post test Wilcoxon Test didapatkan p<0,05, Uji MANOVA didapatkan p < 0,05. Peningkatan PEFR dan Kontrol asma dipengaruhi oleh karakteristik responden seperti usia, pendidikan dan pekerjaan. Pada usia yang lebih muda dan tingkat pendidikan yang lebih tinggi, penigkatan PEFR dan kontrol asma cenderung lebih baik. Jenis pekerjaan swasta memiliki kecenderungan untuk penurunan PEFR dan kontrol asma. Kesimpulan: Latihan napas kombinasi Active Cycle Breathing Technique dan Buteyko Therapy dapat meningkatkan PEFR dan kontrol asma.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.13/18 Uta k
Uncontrolled Keywords: Active Cycle Breathing Technique and Buteyko Therapy, PEFR, Asthma Control
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Julvainda Eka Priya Utama, 131614153003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Amin, Dr., dr., Sp.P(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorLaily Hidayati, S.Kep.,Ns.,M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Jul 2018 19:26
Last Modified: 27 Jul 2018 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73360
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item