PERBANDINGAN PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA MELAYU PADA FILM BOBOIBOY: THE MOVIE

ARI AYU ANGGRAINI, 121411131107 (2018) PERBANDINGAN PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DAN BAHASA MELAYU PADA FILM BOBOIBOY: THE MOVIE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BI.41 18 Ang p.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULLTEXT_FS.BI.41 18 Ang p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Perbandingan Penggunaan Kosakata Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu pada Film BoBoiBoy: The Movie” bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna kosakata Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu pada film BoBoiBoy: The Movie serta penggunaan kosakata pada masing-masing kedua bahasa tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis kontrastif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik simak dan catat. Sedangkan metode penyajian hasil analisis data adalah metode formal dan informal. Penggunaan kosakata diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan maknanya. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) terdapat kosakata bahasa Indonesia dan bahasa Melayu yang bentuknya mirip namun maknanya sama; (2) terdapat kosakata bahasa Indonesia dan bahasa Melayu yang bentuknya berbeda namun maknanya sama; (3) tidak semua fon [a] dalam bahasa Melayu pada akhir kata berubah menjadi [ə], (4) terdapat kalimat yang susunannya terbalik pada bahasa Indonesia dan bahasa Melayu, (5) adanya perbedaan salah satu fon (bunyi bahasa) yang diucapkan berbeda pada kosakata bahasa Indonesia dan bahasa Melayu, serta (6) pemendekan afiks pada salah satu kosakata bahasa Indonesia dan bahasa Melayu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.41/18 Ang p
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KONTRASTIF, PERBANDINGAN KOSAKATA, KOSAKATA BAHASA INDONESIA, KOSAKATA BAHASA MELAYU
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
ARI AYU ANGGRAINI, 121411131107UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Jalal, S.S., M.Hum.12UNSPECIFIED
Depositing User: Alvareza Devina Adya
Date Deposited: 20 Aug 2018 17:59
Last Modified: 20 Aug 2018 17:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73517
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item