SINTESIS DAN KARAKTERISASI CRYOGEL APPLE PECTINCHITOSAN SEBAGAI BARRIER FISIK ANTIADHESI INTRAPERITONEAL PASCA BEDAH

ADITA WARDANI RAHMANIA, 081411731010 (2018) SINTESIS DAN KARAKTERISASI CRYOGEL APPLE PECTINCHITOSAN SEBAGAI BARRIER FISIK ANTIADHESI INTRAPERITONEAL PASCA BEDAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.T.31-18 Rah s ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.T.31-18 Rah s SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 3 September 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adhesi peritoneal merupakan masalah umum dengan angka kejadian yang tinggi pada bedah umum dan operasi ginekologi . Adhesi dapat menyebabkan obstruksi pada usus, penyembuhan pasca bedah yang lebih lama, nyeri pada abdomina bahkan kematian. Pembuatan cryogel aple pectin-chitosan merupakan penelitian baru yang memanfaatkan pectin dari apel, kitosan dan mereaksikannya dengan metode cryotopic gelation dibawah suhu beku. Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan pengaruh konsentrasi kitosan serta mengidentifikasi konsentrasi optimal kitosan pada Cryogel Apple Pectin-Chitosan sebagai Barrier Fisik Antiadhesi Intraperitoneal Pasca Bedah melalui uji Fourier Transform Infrared (FTIR), uji tarik serta uji degradasi. Metode sintesisnya yaitu mengasetilasi kitosan sehingga sesuai dengan derajat deasetilasi pada jurnal.Setelah itu, kitosan yang telah diasetilasi dilarutkan pada asam asetat pada konsentrasi yang berbeda (0,6%, 0,7%, 0,8%, 0,9%) , ditambahkan CaCl2 dan dibekukan untuk membentuk ion NH3+ dan Ca2+. Lalu, larutan pectin dituang pada larutan kitosan beku agar terjadi ikatan polyelectrolyte complex antara kitosan dan pectin. Hasil uji FTIR menunjukkan terdapat vibrasi gugus amin yang telah terprotonasi menjadi NH3+ pada sekitar bilangan gelombang 1600 cm-1 dan pergeseran bilangan gelombang menunjukkan adanya ikatan polyelectrolyte complex. Komposisi optimal sebagai membran antiadhesi intraperitoneal adalah konsentrasi kitosan 0,9% dengan Ultimate Tensile Strength sebesar 1,241 MPa yang sesuai dengan nilai stress maksimal small bowel yaitu 2 MPa, serta laju degradasi 87,9% pada hari ke-7 yang sesuai dengan syarat antiadhesi harus terdegradasi pada hari ke 5-7. Membran Cryogel Apple Pectin-Chitosan berpotensi sebagai barrier fisik antidhesi intraperitoneal pasca bedah berdasarkan uji gugus fungsi, uji tarik dan uji degradasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.31/18 Rah s
Uncontrolled Keywords: Intraperitoneal adhesion, Cryogel, Apple Pectin, Chitosan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG104-104.7 Operative gynecology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
ADITA WARDANI RAHMANIA, 081411731010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrihartini Widiyanti, Dr., drg., M.Kes, S.Bio, CCDUNSPECIFIED
Thesis advisorSiswanto, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 Sep 2018 14:27
Last Modified: 03 Sep 2018 14:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73809
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item