CHALLENGING BEAUTY CONCEPT: A COMPARATIVE STUDY OF MEGHAN TRAINOR’S ALL ABOUT THAT BASS (2014) AND HAILEE STEINFELD’S MOST GIRLS (2017) MUSIC VIDEOS

DIAN FENTIKA, 121411231006 (2018) CHALLENGING BEAUTY CONCEPT: A COMPARATIVE STUDY OF MEGHAN TRAINOR’S ALL ABOUT THAT BASS (2014) AND HAILEE STEINFELD’S MOST GIRLS (2017) MUSIC VIDEOS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FS.BE.87 18 Fen c.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_S.BE.87 18 Fen c.pdf
Restricted to Registered users only until 4 September 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ketika teks media memberikan penggambaran wanita cantik dan ideal, terdapat banyak wanita berpikir bahwa kecantikan ideal wanita sama dengan apa yang digambarkan oleh media. Terdapat kesenjangan antara penggambaran kecantikan oleh media dan realitas penampilan kebanyakan wanita. Maka, penelitian ini dilakukan untuk menguji: proses penentangan konsep stereotip kecantikan dalam video musik Most Girls dan All about That Bass. Kemudian, mitos kecantikan digunakan sebagai teori dasar yang digunakan dalam mengidentifikasi bagaimana konsep kecantikan ditampilkan dalam video musik. Penelitian komparasi ini dianalisis dengan menggunakan teori Budaya Televisi dari Fiske. Dalam hal ini, video musik Most Girls (2017) lebih memberdayakan perempuan sehubungan dengan kebebasan wanita untuk menjadi apa yang mereka inginkan. Sebaliknya, cara All about That Bass (2014) menentang persepsi umum tentang kecantikan yang lebih mengarah pada pembalasan dendam daripada berada di posisi yang sama dengan mereka yang memenuhi standar kecantikan pada umumnya. Untuk kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa media tidak hanya mampu memanipulasi ideologi kecantikan wanita, tetapi juga mampu menjadi arena untuk mengkampanyekan ideologi tentang membuat konsep kecantikan sesuai dengan individual tanpa memperhatikan standar kecantikan sebab kecantikan seharusnya diartikan dalam konsep yang beragam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE.87/18 Fen c
Uncontrolled Keywords: mitos kecantikan, kecantikan ideal wanita, pemberdayaan perempuan, pembebasan perempuan, video musik.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics(General)
P Language and Literature > PR English literature > PR83 English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
DIAN FENTIKA, 121411231006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDiah Arini Arimbi, PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 04 Sep 2018 11:25
Last Modified: 04 Sep 2018 11:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/73838
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item