Pengaruh self-esteem terhadap Employability skills pada Mahasiswa dengan Status Kepengurusan dan Lama Waktu Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa sebagai Variabel Moderator

Nur Arif Rahman, 111111121 (2018) Pengaruh self-esteem terhadap Employability skills pada Mahasiswa dengan Status Kepengurusan dan Lama Waktu Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa sebagai Variabel Moderator. Skripsi thesis, Fakultas Psikologi.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2021.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh self-esteem terhadap Employability skills dengan Unit Kegiatan Mahasiswa sebagai Variabel Moderator. Rosenberg (1965) menjelaskan self-esteem sebagai sikap positif atau negatif terhadap objek tertentu yang disebut self yang dicerminkan dalam skala yang menunjukkan perasaan individu bahwa dirinya berharga (Mruk, 2006), sedangkan employability skills yang dimaksud merupakan gabungan dari pengetahuan, keterampilan-keterampilan, kapabilitas, dan sikap yang harus dimiliki oleh individu setelah menyelesaikan pendidikannya untuk memperoleh, memelihara dan mengembangkan pekerjaannya (Hillage & Pollard, 1998). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survey sebagai teknik pengumpulan data. Skala yang digunakan untuk mengukur self-esteem ialah Rosenberg Self-esteem Scale (RSES) yang dikembangkan oleh Rosenberg tahun 1965. Sedangkan untuk mengukur tingkat employability skills ialah menggunakan Student Employability skills Questionnaire (SESQ) yang diadaptasi dari alat ukur yang dikembangkan oleh Orji (2013). Penelitian ini melibatkan 100 mahasiswa Universitas Airlangga yang mengikuti UKM. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji regresi sederhana dengan bantuan software SPSS versi 22.0 for windows. Dari hasil analisis data diperoleh pengaruh dari self-esteem terhadap employability skills secara signifikan mempengaruhi (sig. 0,000<0,05, R square: 0,274,). Pada efek moderasi variabel bidang UKM secara signifikan mempengaruhi (R square: 0,369), pada efek moderasi variabel jabatan kepengurusan dalam UKM secara signifikan mempengaruhi (R square: 0,301), dan pada efek moderasi variabel lama mengikuti UKM secara signifikan mempengaruhi sebesar (R square: 0,299).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 174/18 Rah p
Uncontrolled Keywords: self-esteem, employability skills, mahasiswa Universitas Airlangga, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV547 Self-help groups
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Nur Arif Rahman, 111111121UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDimas Aryo Wicaksono, S.Psi.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2018 15:26
Last Modified: 05 Oct 2018 15:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74404
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item