PERBEDAAN KARAKTERISTIK TEMPAT PERINDUKAN, KEPADATAN LARVA DAN SPESIES ANOPHELES DI DAERAH KASUS MALARIA RENDAH DAN TINGGI DI KABUPATEN LANDAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Khairul Bariyah, NIM011514253007 (2018) PERBEDAAN KARAKTERISTIK TEMPAT PERINDUKAN, KEPADATAN LARVA DAN SPESIES ANOPHELES DI DAERAH KASUS MALARIA RENDAH DAN TINGGI DI KABUPATEN LANDAK PROVINSI KALIMANTAN BARAT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TKT. 05-18 Bar p Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TKT. 05-18 Bar p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Malaria merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles betina. Kabupaten Landak merupakan urutan keenam daerah endemis malaria di Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan karakteristik tempat perindukan larva, kepadatan larva dan spesies Anopheles di daerah kasus malaria rendah, yaitu Desa Mandor dan tinggi yaitu Desa Amboyo. Sampel teknik non probability sampling (Accidental sampling). Jumlah sampel ditemukan 70 tempat perindukan dengan 40 tempat perindukan di desa Mandor dan 30 tempat perindukan di desa Amboyo Utara. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2018. Desain penelitian observasional analitik dengan cross sectional. Data dianalisis menggunakan uji Chi-square dan uji Mann-whitney. Hasil penelitian adalah jenis tempat perindukan larva Anopheles p=0,010, berarti terdapat perbedaan yang signifikan tempat perindukan larva Anopheles di desa Mandor dan desa Amboyo Utara meliputi delapan jenis tempat perindukan yaitu sumur PETI, rawa, sumur galian, kubangan, selokan, kolam ikan, sawah, dan sumur bor. Kepadatan larva adalah p=0,001, berarti terdapat perbedaan yang signifikan kepadatan larva di kedua desa penelitian. Spesies larva Anopheles yang ditemukan di kedua desa penelitian adalah An. maculatus, An. vagus, An. subpictus, An.indefinitus, dan An. tessellatus. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan karakteristik tempat perindukan, kepadatan larva, dan spesies Anopheles di daerah kasus malaria rendah dan tinggi di Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKT. 05-18 Bar p
Uncontrolled Keywords: Tempat perindukan, kepadatan larva, spesies Anopheles
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran Tropis
Creators:
CreatorsNIM
Khairul Bariyah, NIM011514253007NIM011514253007
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Utomo, Dr., dr., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorHeny Arwati, Dra., M.Sc, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Oct 2018 09:37
Last Modified: 15 Oct 2018 09:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item