STRATEGI BERPIKIR KRITIS DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN JAMAAH MASJID GUNUNGSARI INDAH SURABAYA (Studi Deskriptif tentang kemampuan berpikir kritis para pengguna smartphone ketika menerima berita Hoax)

Aldino Bagus Prasetyo, 071116068 (2018) STRATEGI BERPIKIR KRITIS DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN JAMAAH MASJID GUNUNGSARI INDAH SURABAYA (Studi Deskriptif tentang kemampuan berpikir kritis para pengguna smartphone ketika menerima berita Hoax). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.37 18 Pra s.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.37 18 Pra s.pdf
Restricted to Registered users only until 16 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.37 18 Pra s.pdf

Download (569kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena maraknya berita Hoax yang tersebar di media sosial dan semakin hari semakin meluas dan memprihatinkan.Dan diperparah dengan adanya pengguna media sosial yang dengan mudahnya sharing informasi yang belum jelas keabsahannya tersebut. Kurangnya kemampuan penguna smartphone dalam berliterasi informasi dan berpikir kritis juga dapat menjadi sarana meluasnya Hoax. Peneliti melakukan penelitian berdasarkan pengalaman yakni di lingkungan peneliti terdapat sebuah organisasi dan memiliki officialgroup pada salah satu media sosial tersebut. Peneliti melakukan observasi untuk mengetahui aktifitas para anggota group ketika bemedia sosial, group tersebut aktif dengan anggota yang sering saling diskusi dan sharing akan sebuah Informasi, namun yang disayangkan adalah adanya Anggota yang membagikan berita yang sudah jelas isinya merupakan sebuah kebohongan. dan terdapat beberapa anggota yang sayangnya memeercayai bawasannya berita Hoax tersebut benar adanya dikarenakan sesuai dengan opini pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.37/18 Pra s
Uncontrolled Keywords: Hoax, Berpikir kritis, literasi informasi, media sosial
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Aldino Bagus Prasetyo, 071116068UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Gunarti, Dra., M.Ikom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Oct 2018 13:58
Last Modified: 16 Oct 2018 13:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74757
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item