PENGALAMAN PRIMIPARA POST SECTIO CAESARIA (SC) YANG MENYUSUI DENGAN BANTUAN BANTAL ABIMANYU (AGAR BUNDA BISA MUDAH MENYUSUI)

Fatichul Muhtadi, NIM.: 131611123035 (2017) PENGALAMAN PRIMIPARA POST SECTIO CAESARIA (SC) YANG MENYUSUI DENGAN BANTUAN BANTAL ABIMANYU (AGAR BUNDA BISA MUDAH MENYUSUI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 161_18 Muh p ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 161_18 Muh p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Primipara akan mengalami masalah ketika menyusui diantara kurangnya pengetahuan ibu tentang cara menyusui yang benar. Ada beberapa kendala ibu tidak bisa memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayinya diantaranya adalah ibu yang persalinannya dengan metode Sectio Caesaria (SC). Keadaan luka nyeri diperut relatif menghambat proses menyusui. Salah satu cara meningkatkan rasa nyaman dan mengurangi rasa nyeri adalah penggunaan alat bantu berupa bantal abimanyu. Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih dalam mengenai pengalaman primipara post SC yang menyusui dengan bantuan bantal abimanyu. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Colaizzi. Hasil: Penelitian ini mengidentifikasi sembilan tema yaitu : 1) Kendala primipara menyusui post SC; 2) Dukungan primipara selama memberikan ASI; 3) Persepsi menyusui; 4) Mitos-mitos selama memberikan ASI; 5) Harapan; 6) Persepsi positif; 7) Persepsi negatif; dan 9) Redesain bantal abimanyu. Diskusi: Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai pengalaman primipara post SC menyusui dengan bantuan bantal abimanyu. Diperlukan penelitian selanjutnya untuk menggali lebih dalam tentang berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan menyusui primipara post SC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 161/18 Muh p
Uncontrolled Keywords: Pengalaman, ASI, primipara, bantal abimanyu
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG725-791 Obstetric operations. Operative obstetrics
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Fatichul Muhtadi, NIM.: 131611123035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantRetnayu Pradanie, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
ConsultantSylvia Dwi Wahyuni, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 18 Oct 2018 14:52
Last Modified: 18 Oct 2018 14:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74889
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item