IDENTITAS KOTA SOEKARNO (STUDI TENTANG DOMINASI ELIT DALAM MEMBENTUK IDENTITAS KOTA)

RINO DWI PRASETYO, 071411333021 (2018) IDENTITAS KOTA SOEKARNO (STUDI TENTANG DOMINASI ELIT DALAM MEMBENTUK IDENTITAS KOTA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.66 18 Pra i.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.66 18 Pra i.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.66 18 Pra i.pdf

Download (379kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemunculan identitas Ir.Soekarno di citra kota di Kabupaten Sukoharjo. Citra-citra kota yang dapat membentuk sebuah identitas kota. Keputusan ini muncul pada saat kepemimpinan Bupati Wardoyo yang diusung PDI Perjuangan. Kemunculan identitas Soekarno ini mengeser identitas sukoharjo sebagai kota jamu dan keputusan ini diindikasikan sarat dengan kepentingan elit penguasa. Ruang lingkup penelitian ini adalah peran elit penguasa dalam memunculkan identitas tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat dan menganalisa terhadap fenomena munculnya identitas kota Soekarno. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah elit penguasa. Bagaimana peran para elit dan apa kepentingannya. Elit politik, elit ekonomi dan kekuatan elit lainnya saling bekerja sama dengan aktif guna mempertahankan keberlangusngan kekuasaannya. Penggunaan identitas Soekarno tidak terlepas dari kedekatan PDI perjuangan dengan Soekarno itu sendiri. Peneliti menemukan bahwa ada muatan politis dalam perencanaan, pembangunan dan pencapaian identitas tersebut. Indikasi tersebut diperkuat dengan dominasi PDI Perjuangan di Kabupaten Sukoharjo sehingga elit-elit PDI Perjuangan menempati pos-pos yang strategis dalam jajaran kepemimpinan di Sukoharjo. Banyak pesan yang ingin disampaikan lewat pemunculan identitas Soekarno, pesan dan makna tersebut memilki kekuatan yang untuk mengkontruksi padangan dan pemikiran seseorang bagi siapa yang melihat dan mencerna hal tersebut. Dari analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemunculan identitas soekarno tersebut bermuatan politik dan dilakukan oleh elit-leit penguasa guna memperlihatkan dan mempertahankan dominasi kekuasaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.66/18 Pra i
Uncontrolled Keywords: identitas kota, elit penguasa, PDI Perjuangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
RINO DWI PRASETYO, 071411333021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Aminah, Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Oct 2018 09:14
Last Modified: 23 Oct 2018 09:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75018
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item