INTERAKSI NAHDLATUL ULAMA DALAM PEMBUATAN PERATURAN DAERAH NOMOR 6 TAHUN 2016 TENTANG MINUMAN BERALKOHOL DI KOTA SURABAYA

Haidar Dzikri Amrullah, 071211333070 (2018) INTERAKSI NAHDLATUL ULAMA DALAM PEMBUATAN PERATURAN DAERAH NOMOR 6 TAHUN 2016 TENTANG MINUMAN BERALKOHOL DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.P.74 18 Amr i.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.P.74 18 Amr i.pdf
Restricted to Registered users only until 23 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.P.74 18 Amr i.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara fungsional, ilmu politik mempelajari terkait fungsi dari lembaga politik dalam menentukan suatu kebijakan publik. Kebijakan publik sebagai keputusan politik bukanlah produk mudah dibuat. Peraturan Daerah Tentang Pembuatan PERDAMinuman Beralkohol di Kota Surabaya merupakan produk politik yang dalam perumusannya melalui berbagai tahapan dan melibatkan berbagai kelompok-kelompok. Kelompok yang ada saling berinteraksi dan berkontestasi terkait dengan kepentingan dari tiap kelompoknya. Interaksi antar kelompok tersebut terjadi melalui pola kelompok penekan (Pressure Groups) selalu berusaha mempengaruhi orang-orang yang memegang dan menjalankan kekuasaan, bukan untuk menempatkan orang-orang mereka sendiri dalam posisi yang memegang kekuasaan, setidaknya tidak secara resmi meletakan orang-orang mereka. Tetapi, kelompok-kelompok penekan tertentu sebenarnya memiliki wakil-wakil mereka di pemerintahan dan di badan-badan legislatif, tetapi hubungan antara para individu-individu tersebut dengan kelompok yang mereka wakili tetap rahasia atau sangat hati-hati menurut Menurut Duverger.interaksi dilakukan adalah dengan tujuan tercapainya bentuk peraturan daerah yang ideal, seperti yang dikatakan oleh Thomas R. Dye bahwa dalam perumusan kebijakan yang melibatkan kelompok-kelompok harus didasarkan pada interaksi antar kelompok yang ada di dalam untuk menghasilkan keseimbangan dan keseimbangan tersebut adalah yang terbaik. Akan tetapi realitasnya hal tersebut sulit untuk diwujudkan. Sehingga senyatanya akan terdapat kelompok yang diuntungkan dan dirugikan. Dikatakan sebagai kelompok yang diuntungkan karena kepentingan kelompoknya lebih banyak diakomodir dalam peraturan daerah, begitu pun sebaliknya bagi kelompok yang dirugikan. Sehingga dalam penelitian ini menjelaskan bagaimana PCNU kota Surabaya sebagai kelompok kepentingan mempengaruhi pembuatan dan perumusan Peraturan Daerah Tentang Minuman Beralkohol di Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.P.74/18 Amr i
Uncontrolled Keywords: Kelompok Kepentingan, Perumusan Kebijakan, Interaksi Antar Aktor, Peraturan Daerah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Haidar Dzikri Amrullah, 071211333070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWisnu Pramutanto, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 23 Oct 2018 09:55
Last Modified: 23 Oct 2018 09:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item