CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA URBAN (Studi Tentang Tindakan Pelaku Cyberbullying di Kalangan Remaja Urban)

MUHARRAM DWI PUTRANTO, 071411433017 (2018) CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA URBAN (Studi Tentang Tindakan Pelaku Cyberbullying di Kalangan Remaja Urban). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.51 18 Put c.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.51 18 Put c.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.51 18 Put c.pdf

Download (288kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cyberbullying adalah intimidasi yang terjadi di dunia maya terutama pada media sosial. Sebagian besar cyberbullying dilakukan oleh para remaja, terutama remaja urban yang dekat dengan kemajuan teknologi. Fenomena cyberbullying banyak bermunculan karena mudahnya dalam mengakses dunia maya atau media sosial, akan tetapi cyberbullying yang terdapat di Indonesia masih menjadi hal yang sepele. Permasalahan tersebut dianalisa mengggunakan teori identitas sosial dari Henry Tafjel. Tafjel menyebutkan terdapat tiga konsep dalam teorinya, yaitu identifikasi sosial, kategorisasi sosial, dan perbandingan sosial. Metodologi yang digunakan adalah metodologi kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif dan berparadigma fenomenologi. Informan yang diambil dalam penelitian ini berjumlah empat remaja, dengan karakteristik informan berusia di atas 17 tahun dan di bawah 20 tahun yang bertempat tinggal di Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Surabaya yang dipilih secara snowball. Pengumpulan data diambil dengan menggunakan indept interview dan studi pustaka. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan transkrip, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa, cyberbullying dilakukan untuk membanggakan suatu kelompok dan menjatuhkan atau menjelek – jelek kan kelompok lain dengan cara saling menyereang atau mem bully di dunia maya maupun di media sosial. Bentuk cyberbullying yang dilakukan adalah flaming, yaitu berupa perdebatan yang tidak esensial atau penyanggahan tanpa dasar yang kuat dengan menggunakan bahasa kasar dan menghina, perbandingan antara satu kelompok satu dengan kelompok lainnya. Reaksi yang ditimbulkan antara lain langsung membalas balik, diam tidak membalas, dan saling membalas antar kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.51/18 Put c
Uncontrolled Keywords: cyberbullying, dunia maya, media sosial, remaja urban, identitas sosial
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
MUHARRAM DWI PUTRANTO, 071411433017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Oct 2018 10:11
Last Modified: 25 Oct 2018 10:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75115
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item