KONSTRUKSI SOSIAL ANGGOTA GERAKAN UMAT ISLAM BERSATU (GUIB) WILAYAH SURABAYA TERHADAP AKSI DAMAI 212 DI JAKARTA

Qomaruzzaman Azam Zami, 071411433016 (2018) KONSTRUKSI SOSIAL ANGGOTA GERAKAN UMAT ISLAM BERSATU (GUIB) WILAYAH SURABAYA TERHADAP AKSI DAMAI 212 DI JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.56 18 Zam k.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.56 18 Zam k.pdf
Restricted to Registered users only until 25 October 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.56 18 Zam k.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh besarnya jumlah umat Islam yang ikut Aksi Bela Islam ketika terjadi penistaan Islam yang dituduhkan ke Gubernur Jakarta Basuki Purnama tahun 2016. Bagaimana warga muslim dari berbagai pelosok nusantara bisa secara serentak melakukan unjuk rasa yang mereka namai Aksi Damai 212 dapat berlansung secara damai. Bagaimana kesadaran kolektif umat Islam dari berbagai pelosok daerah, termasuk dari umat Islam Surabaya yang tergabung dalam Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB) Wilayah Surabaya merasa perlu ikut serta unjuk rasa di Jakarta. Apakah keputusan ikut Aksi Damai 2016 merupakan bentuk kesadaran baru dalam beragama; atau merupakan ekspresi kesadaran kolektif atas perlunya pemahaman agama sesuai dengan perubahan sosial dan politik ? Untuk menjawab masalah penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan Teori Fenomenologi Peter L Berger dan Luckman yang menyatakan bahwa perilaku manusia (termasuk perilaku beragama) tidak konstan, melainkan terus berubah sesuai dengan pengetahuan dan perkembangan dan perubahan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Kota Surabaya. Metode penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif dengan perspektif fenomenologi. Hasil penelitian ini adalah statemen Ahok terhadap Ayat Al Maidah telah membangkitkan kesadaran eksternal umat Islam Indonesia terutama mengaktualisasikan dan merespon oleh anggota GUIB Wilayah Surabaya terhadap penistaan ayat Al Maidah yang dinilai melecehkan Al Quran dan Umat Islam. Proses eksternalisasi dan Obyektivasi para Anggota tersebut berpartisipasi melalui Aksi damai 212 pada tahun 2016 di Jakarta sebagai bentuk pembelaan agama turut menginternalisasi para anggota yang bergabung di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.56/18 Zam k
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Sosial, GUIB, Makna, Aksi Damai 212
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1150-1168 By Religion or Country
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN30-39 The church and social problems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Qomaruzzaman Azam Zami, 071411433016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMusta'in Mashud, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Oct 2018 11:13
Last Modified: 25 Oct 2018 11:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75126
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item