IMPLEMENTASI E-BIRD COMPETITION BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENEKAN FRAUD PADA ORGANIZER PENGELOLA LOMBA BURUNG KICAU DI KABUPATEN BANYUWANGI

HENDRI ARYA FERNANDO, NIM: 041411535021 (2018) IMPLEMENTASI E-BIRD COMPETITION BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENEKAN FRAUD PADA ORGANIZER PENGELOLA LOMBA BURUNG KICAU DI KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 368_18 Fer i ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
A 368_18 Fer i.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 7 November 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang operational information system e-bird competition menggunakan integrasi website dan aplikasi online serta menggunakan teknologi sensor ultrasonik berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam deteksi pelanggaran (fraud) yang dilakukan oleh peserta atau oknum juri lomba. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode eksploratori. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara dengan narasumber terkait dan pengamatan lapangan untuk menganalisis sumber permasalahan yang terjadi seperti lemahnya pelaksanaan standar dan mekanisme lomba burung kicau. Kontribusi penelitian telah berhasil menyusun rancangan operational information system dengan mengintegrasikan data pengelolaan website/aplikasi online untuk efektivitas dan efisiensi lomba burung kicau dengan data deteksi pelanggaran (fraud) melalui teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) berbasis analisis sensor ultrasonik. Proses integrasi data ditampilkan dalam bentuk rancangan data flow diagram, flowchart dan entity relationship diagram. Output usulan sistem operasionalnya antara lain, laporan kesiapan kebutuhan lomba, laporan analisis selera kicau mania, rekapitulasi hasil penjualan tiket, laporan rekam aktivitas web dan aplikasi lomba, laporan pelanggaran (fraud) & sanksi peserta, laporan pelanggaran (fraud) & sanksi juri dan rekapitulasi hasil poin & laporan pemenang. Sedangkan dari output usulan disisi efisiensi perancangan sistem terdapat notifikasi 1, notifikasi 2 dan notifikasi 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 368/18 Fer i
Uncontrolled Keywords: E-Bird Competition, Artificial Intelligence, Operational Information System, Fraud
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HENDRI ARYA FERNANDO, NIM: 041411535021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantA. A. Gde Satia UtamaUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 07 Nov 2018 10:54
Last Modified: 07 Nov 2018 10:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75358
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item