PERBEDAAN EKSPRESI CASPASE 3 PADA HATI DAN LIMPA TIKUS MODEL SEPSIS YANG DIINFEKSI BAKTERI Enterobacter cloacae DENGAN YANG DIINFEKSI Proteus mirabilis

RINA PURWATI, 091614353015 (2018) PERBEDAAN EKSPRESI CASPASE 3 PADA HATI DAN LIMPA TIKUS MODEL SEPSIS YANG DIINFEKSI BAKTERI Enterobacter cloacae DENGAN YANG DIINFEKSI Proteus mirabilis. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TI. 11-18 Pur p Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
TI. 11-18 Pur p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Enterobacter cloacae dan Proteus mirabilis adalah bakteri patogen oportunistik penyebab utama tingginya angka kesakitan (morbidity) dan angka kematian (mortality) pada manusia akibat infeksi nosokomial di rumah sakit. Caspase-3 merupakan protease kematian yang berfungsi sebagai eksekutor apoptosis pada jalur intrinsik. Caspase 3 berperan penting pada proses kematian sel yang dapat membelah berbagai substrat yang mati sering menyebabkan perubahan morfologi dan biokimia pada sel. Peningkatan ekspresi caspase-3 untuk mengetahui tingkat keparahan, fragmentasi DNA dan kondensasi kromatin apoptosis pada organ yang diperiksa. Jenis penelitian ini secara eksperimental murni laboratorium dengan rancangan penelitian post test only control group design Penelitian bertujuan untuk mengetahui indeks ekspresi caspase-3 pada organ limpa dan hati hewan coba Rattus norvegicus yang diinfeksi E. cloacae dan Proteus mirabilis. Tikus sehat dipilih secara acak dan diinjeksikan 1ml (PZ,suspense bakteri bakteri E. cloacae dan Proteus mirabilis) pada bagian peritonium kuadran 3 untuk masing-masing kelompok hewan coba dan diamati selama 24 jam. Setelah 24 jam dilakukan pembedahan untuk pengambilan organ limpa da hati. Organ difiksasi dengan buffer formalin dan dilakukan tissue preparation metode imunohistokimia caspase-3. Hasil penelitian menujukkan terjadi peningkatan ekspresi caspase-3 pada hati dan limpa R. norvegicus yang diinjeksi bakteri E. cloacae dan P. mirabilis dibanding dengan kontrol. Ekspresi caspase-3 pada organ hati lebih tinggi daripada limpa pada kelompok E. cloacae. Peningkatan ekspresi caspase 3 pada limpa dan hati tikus yang diinfeksi bakteri E. cloacae dan P. mirabilis sebagai respon inflamasi yang berlebihan dengan menimbulkan efek berbahaya pada inang dapat memicu aktivasi caspase 3 sampai terjadinya kematian organ.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TI. 11-18 Pur p
Uncontrolled Keywords: Apoptosis, Caspase-3, Enterobacter cloacae, Proteus mirabilis.
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Imunologi
Creators:
CreatorsNIM
RINA PURWATI, 091614353015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgung Dwi Wahyu Widodo, Dr., dr., M.Si., M. Ked. Klin., Sp. MK.UNSPECIFIED
Thesis advisorYoes Prijatna Dachlan, Prof. Dr., dr., M.Sc., Sp.ParK(K).UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Nov 2018 14:40
Last Modified: 09 Nov 2018 14:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75472
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item