Alasan Di Balik Penolakan Zambia Atas Bantuan Makanan Transgenik Dari Amerika Serikat Di Tengah Krisis Pangan 2002

Siti Farahiyah Inarah, 071411231022 (2018) Alasan Di Balik Penolakan Zambia Atas Bantuan Makanan Transgenik Dari Amerika Serikat Di Tengah Krisis Pangan 2002. Jurnal Analisis Hubungan Internasional, 7 (3). pp. 378-391. ISSN 2302-8777

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://journal.unair.ac.id/JAHI@alasan-di-balik-pe...

Abstract

Terdapat 4 juta lebih penduduk di Afrika bagian Selatan yang mengalami kelaparan hingga berdampak kepada tingkat kematian yang cukup tinggi pada tahun 2002. Hampir semua negara di Afrika bagian Selatan seperti, Lesotho, Mozambik, Namibia, dan Swaziland terkena krisis pangan 2002 ini. Namun Malawi, Zambia dan Zimbabwe menghadapi permasalahan darurat pangan terparah karena adanya penurunan tajam dalam produksi jagung, yang menyebabkan harga pasar menjadi semakin tinggi. Namun di tengah krisis yang terjadi Zambia sebagai negara kecil yang sedang mengalami kelaparan, membuat pernyataan menolak bantuan dari Amerika Serikat berupa makanan transgenik yang dikirimkan lewat World Food Program di tahun 2002. Keputusan Pemerintahan Zambia ini tentu menghasilkan berbagai reaksi. Hal ini membuktikan bahwa Zambia, sebagai salah satu negara yang mengalami kelaparan di tengah krisis tahun 2002 mampu mengambil sikap dalam menolak bantuan pangan berdasarkan berbagai pertimbangan yang dilihat dari faktor-faktor Zambia itu sendiri, diantaranya adalah dari faktor agro-industri Zambia dan juga dari kelompok kepentingan yang terkait dengan kasus ini. Dengan mengambil jangkauan waktu antara bulan Mei hingga Desember 2002, Penelitian ini akan dimulai dari awal mula penawaran, hingga sampai dikeluarkannya statemen penolakan resmi oleh Zambia. Pembahasan penelitian kemudian menghasilkan kesimpulan yang mendukung hipotesis yang disediakan, mengenai faktor-faktor apa yang membuat Zambia memiliki kekuatan tersendiri dalam menolak bantuan pangan yang disediakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Zambia, bantuan pangan, makanan transgenik, kelompok kepentingan, agro-industri Zambia, Greenpeace, ZEGA, JCTR, KATC, the PELUM Association.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Siti Farahiyah Inarah, 071411231022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCitra Hennida, S.IP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Nov 2018 10:12
Last Modified: 13 Nov 2018 10:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75515
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item