HUBUNGAN ANTARA FAKTOR KARAKTERISTIK INDIVIDU, KOMORBIDITAS DAN JENIS CAREGIVERS DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK

NESHIA NURINDAH ALIFIANTI, 101411131016 (2018) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR KARAKTERISTIK INDIVIDU, KOMORBIDITAS DAN JENIS CAREGIVERS DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN PASCA STROKE ISKEMIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.271-18 Ali h ABSTRAK.pdf

Download (829kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.271-18 Ali h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stroke merupakan penyakit degeneratif yang menjadi penyebab kematian nomor 1 di dunia dan 87% diantaranya tergolong jenis stroke iskemik. Dampak yang ditimbulkan akibat serangan stroke tidak hanya cacat fisik melainkan juga gangguan kognitif maupun psikologis. Berbagai macam dampak tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas hidup pasien pasca stroke iskemik. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis hubungan antara karakteristik individu, komorbiditas, dan jenis caregivers dengan kualitas hidup pasien pasca stroke iskemik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan desain studi cross sectional kepada 78 orang pasien pasca stroke iskemik di RSU Haji Surabaya. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu karakteristik individu, komorbiditas diabetes melitus serta hipertensi, dan jenis caregivers. Sedangkan variabel tergantung penelitian ini adalah kualitas hidup. Teknik analisis data menggunakan uji chi-square dengan α = 0,05% dan menghitung Prevalence Rate (PR). Hasil penelitian menunjukkan 42 orang diantara 78 responden memiliki kualitas hidup rendah. Berdasarkan uji statistik, ada hubungan antara status bekerja (p = 0,003) dan jenis caregivers (p = 0,012) terhadap status kualitas hidup pasien pasca stroke iskemik. Nilai besar risiko pada variabel status bekerja yaitu PR = 5,4 dan jenis caregivers dengan PR = 3,6. Sedangkan variabel yang lain tidak memiliki hubungan signifikan dengan kualitas hidup pasien pasca stroke iskemik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pasien pasca stroke iskemik yang tidak bekerja kembali pasca serangan stroke dan jenis caregivers bukan pasangan berisiko untuk memiliki kualitas hidup yang lebih rendah. Untuk meningkatkan kualitas hidup, pasien pasca stroke disarankan untuk mengikuti kegiatan yang disukai sesuai dengan keterbatasan yang ada dan caregivers disarankan berperan aktif dalam proses perawatan pasien pasca stroke iskemik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.271/18 Ali h
Uncontrolled Keywords: Ischemic stroke, Caregivers, Diabetes Melitus, Hypertension
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NESHIA NURINDAH ALIFIANTI, 101411131016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Martini, Dr., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 Nov 2018 16:11
Last Modified: 16 Nov 2018 16:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75612
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item