PENGARUH PSYCHOLOGICAL SENSE OF BRAND COMMUNITY DALAM MEMBENTUK KOMITMEN TERHADAP MEREK : ANTESEDEN DAN KONSEKUENSINYA OLEH ANGGOTA GROUP IPHONE DI KASKUS

ARI ASHARI, 040811508 (2013) PENGARUH PSYCHOLOGICAL SENSE OF BRAND COMMUNITY DALAM MEMBENTUK KOMITMEN TERHADAP MEREK : ANTESEDEN DAN KONSEKUENSINYA OLEH ANGGOTA GROUP IPHONE DI KASKUS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-ashariari-26790-5,abstr-i.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-ashariari-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologr saat ini, interaksi yang terjadi antar individu dapat dilal: berinteraksi secara online. Interaksi virtual memiliki konsekuensi sosial karena dapat membentuk komunitas baru secara virtual. Dewasa ini semakin banyak konsumen yang berinteraksi dengan sesama pengguna merek melalui komunitas merek secira virhml Komunitas merek virtual dapat terbentuk melalui rjsa psikologis dan identitas sosial (Psychological Sense of Brand Community). Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis apakah iderfifikasi terhadap merek iPhone dan identifikasi terhadap kelompok merek iPhone berpengaruh terhadap rasa psikologis terhadap kommunitas merek. Selain itu" apakah rasa psikologis terhadap kommunitas merek berpengaruh dalam Membentuk Komitnen terhadap Merek dan konsekuensinya pada pedlaku (co-production dan co-consurnption) oleh Anggota Group iPhone di Kaskus. Peneliti menguji hipotesis yang diajukao dengan mendisbibusikan kuesioner online kepada 153 responden anggota Kaskus yang terlibat dan berinteraksi pada tiga group iPhone, yakni iKaskus iPhone New Forum, iKaskus- Kaskus Apple iPhone Forum dan group iPhone. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SEI,F.4 (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi dengan merek berpengaruh positif terhadap Psychological Sense of Brand Community (PSBC), rurmun pengaruh identifikasi dengan group terhadap PSBC tidak terbukti kebenarannya. Sedangkan PSBC terbukti secaxa positif berpengaruh pada komimren terhadap merek iPhone dan perilaku (co-production dan coconsumption). Penelitran ini menyimpulkan bahwa PSBC hanya dipengaruhi oleh identifikasi dengan merek dan PSBC terbukti secara positif berpengaruh pada komitmen terhadap merek iPhone dan perilaku (co-production, co-consumption).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 163/13 Suk p
Uncontrolled Keywords: PRODUCT VIRTUAL COMMUNITY, BRAND TRUST, BRAND LOYALTY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ARI ASHARI, 040811508UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 04 Sep 2013 12:00
Last Modified: 30 Jul 2016 02:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7585
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item