RAGAM BAHASA PEDAGANG KETURUNAN ARAB DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

KHADIJAH AUFADINA, 121411133028 (2018) RAGAM BAHASA PEDAGANG KETURUNAN ARAB DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 67 18 Auf r ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 67 18 Auf r FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2021.

Download (980kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Ragam Bahasa Pedagang Keturunan Arab dalam Interaksi Jual Beli di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan” ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ragam bahasa pedagang keturunan Arab di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya ragam bahasa pada pedagang keturunan Arab tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fishman tentang ragam bahasa berdasarkan siapa yang berbicara, bahasa apa yang digunakan ketika berbicara, dengan siapa ia berbicara, dan kapan peristiwa itu terjadi dan teori Halliday mengenai ragam bahasa berdasarkan pengguna (dialek) dan penggunaan (register). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, metode simak, dan metode cakap. Metode simak dilakukan dengan teknik Simak Libat Cakap (SLC), teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), dan teknik rekam. Metode cakap dilakukan dengan teknik pancing. Berdasarkan hasil analisis, bentuk ragam bahasa pedagang keturunan Arab di Bangil dibagi menjadi tiga, yakni variasi bahasa pedagang keturunan Arab ketika berinteraksi dengan pembeli Madura, pembeli Jawa, dan pembeli keturunan Arab. Bentuk ragam bahasa yang digunakan pedagang keturunan Arab adalah bahasa Indonesia ragam tidak baku, bahasa Jawa ragam Ngoko (kasar), bahasa Madura ragam Enja‟ Iyah (kasar), dan bahasa campuran (berupa alih kode dan campur kode). Faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya ragam bahasa pada pedagang keturunan Arab dalam interaksi jual beli di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan adalah karena faktor partisipan, faktor keakraban, faktor penguasaan bahasa, faktor pilihan bahasa, dan faktor penghormatan kepada pembeli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS BI 67/18 Auf r
Uncontrolled Keywords: ragam bahasa, pedagang keturunan Arab, Kecamatan Bangil
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
KHADIJAH AUFADINA, 121411133028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Wayan Sartini, Dr., Dr., Dra., M.Hum.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Nov 2018 11:59
Last Modified: 28 Nov 2018 11:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75897
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item