Pengaruh Burnout Syndrome terhadap Counterproductive Work Behaviour dengan Moderasi Emotional Intelligence: Studi pada Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa X

DESI AMELIA DWI PUTRI, 041311233244 (2018) Pengaruh Burnout Syndrome terhadap Counterproductive Work Behaviour dengan Moderasi Emotional Intelligence: Studi pada Perawat Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa X. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B 317-18 Put p.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perawat jiwa sering dicirikan sebagai profesi yang kurang termotivasi dan tidak sensitif terhadap kebutuhan pasien Perilaku seperti ini merupakan karakteristik dari kelelahan. Burnout syndrome merupakan sindrom kelelahan emosional dan sinisme yang sering terjadi di antara individu. Kondisi kerja yang penuh tekanan dapat menyebabkan emosi negatif yang cenderung mengarah pada perilaku Counterproductive Work Behaviou (CWB). Emotional Intelligence dapat berperan sebagai sumber daya individu dengan membantu karyawan dalam mengelola dampak buruk dari burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Burnout terhadap Counterproductive Work Behaviour dengan Moderasi Emotional Intelligence. Pada penelitian ini di gunakan pendekatan kuantitatif serta penentuan populasi dan sampel dengan menggunakan metode sensus. Penelitian ini menggunakan data primer sejumlah 79 orang, data tersebut diambil dengan menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada perawat rawat inap di Rumah Sakit Jiwa X. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Emotional Exhaustion dan Depersonalization terhadap Counterproductive Work Behaviour. Namun, dalam penelitian ini menunjukkan pengaruh positif tidak signifikan antara Reduced Personal Accomplishment terhadap Counterproductive Work Behaviour. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa pengaruh Emotional Exhaustion terhadap Counterproductive Work Behaviour di moderasi oleh Emotional Intelligence berpengaruh secara negatif dan signifikan. Artinya, Emotional Intelligence mampu melemahkan hubungan antara Emotional Exhaustion terhadap Counterproductive Work Behaviour. Namun, pengaruh Depersonalizaton dan Reduced Personal Accomplishment di moderasi oleh Emotional Intelligence berpengaruh secara positif tidak signifikan terhadap Emotional Intelligence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.317/18 Put p
Uncontrolled Keywords: Burnout, Emotional Exhaustion, Depersonalization, Reduced Personal Accomplishment, Emotional Intelligence, dan Counterproductive Work Behaviour.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DESI AMELIA DWI PUTRI, 041311233244UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Ratmawati, Dr. , SE, M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 29 Nov 2018 09:58
Last Modified: 29 Nov 2018 09:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item