ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI E-HEALTH OLEH MASYARAKAT BERDASARKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA SURABAYA)

NI LUH PUTU ARUM PUSPITANING ATI, 101411131150 (2018) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI E-HEALTH OLEH MASYARAKAT BERDASARKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM 323 - 18 Ati a-Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM 323 - 18 Ati a.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah Kota Surabaya mengeluarkan inovasi pelayanan kesehatan yaitu electronic health (e-Health), yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mendaftarkan pasien secara online. Aplikasi e-Health telah berjalan selama hampir 3 tahun, akan tetapi keberhasilan penerapannya tergantung pada proses penerimaan yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang dikembangkan oleh Venkatesh (2003). UTAUT merupakan model terkini yang dianggap paling tepat dalam menjelaskan penerimaan dan penggunaan sistem informasi. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif terhadap variabel dalam model UTAUT. Desain penelitian menggunakan rancang bangun cross sectional dengan pengambilan sampel menggunakan teknik multistage sampling. Besar sampel dihitung dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 100 responden yang diteliti. Pengambilan data dilakukan dengan kuisioner yang disampaikan melalui wawancara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition, dan behavior intention to use, sedangkan variabel terikat adalah penggunaan aplikasi e-Health. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor tertinggi pada penggunaan aplikasi e-Health adalah performance expectancy sebesar 3,32 dengan kategori sangat tinggi. Sementara total nilai tertinggi juga pada variabel performance expectancy yakni sebanyak 70,00% responden memberikan penilaian tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah performance expectancy dan social influence penggunaan aplikasi e-Health berada pada kategori nilai tinggi. Namun effort expectancy, facilitating condition, dan behaviour intention to use berada pada kategori nilai sedang. Sementara penggunaan (user behavior) aplikasi e- Health oleh masyarakat di Puskesmas Kota Surabaya paling banyak melalui website.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 323/ 18 Ati a
Uncontrolled Keywords: e-Health, UTAUT Model, Information System, Public Health Centre
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NI LUH PUTU ARUM PUSPITANING ATI, 101411131150UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnawaty, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 29 Nov 2018 11:37
Last Modified: 29 Nov 2018 11:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75943
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item