ANALISIS CLUSTER COMPLETE LINKAGE KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR BERDASARKAN INDIKATOR PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN IBU

AINUN NUFUS, 101411131099 (2018) ANALISIS CLUSTER COMPLETE LINKAGE KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR BERDASARKAN INDIKATOR PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN IBU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKM.296-18 Nuf a ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FKM.296-18 Nuf a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 29 November 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan kesehatan ibu merupakan salah satu upaya kesehatan dasar yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Pelayanan kesehatan ibu yang baik berpengaruh terhadap derajat kesehatan ibu. Derajat kesehatan ibu diukur dari Angka Kematian Ibu (AKI). Salah satu kasus yaitu di meningkatnya kembali AKI di Provinsi Jawa Timur Tahun 2016. Penyebab utama tingginya AKI di Jawa Timur adalah pendarahan dan pre eklamsi. Pemerintah daerah berupaya menurunkan AKI dengan mengoptimalkan upaya pelayanan kesehatan ibu di berbagai wilayah kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan analisis cluster complete linkage untuk menggambarkan sebaran wilayah capaian program pelayanan kesehatan ibu di Provinsi Jawa Timur Tahun 2016. Data yang digunakan dalam analisis cluster complete linkage adalah skala data rasio. Jenis penelitian ini bersifat non reaktif dengan menggunakan data sekunder. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data profil pelayanan kesehatan ibu yang diperoleh dari sub bagian perencanaan program dan anggaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2016. Hasil penelitian analisis cluster yang dilakukan menghasilkan 2 cluster Kabupaten/kota yang optimum, dengan nilai pseudo-f statistic tertinggi yaitu 41,933. Cluster 1 menghasilkan 4 anggota kabupaten/kota, sedangkan Cluster 2 menghasilkan 34 anggota. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa antara Cluster 1 dengan Cluster 2 memiliki karaktersitik yang berbeda. Penamaan masing-masing cluster berdasarkan karakteristik nilai rata-rata capaian program pelayanan kesehatan ibu. Cluster 1 adalah kelompok kabupaten/kota yang status capaian program di bawah target, sedangkan Cluster 2 adalah kelompok kabupaten/kota yang status capaian program di atas target.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.296/18 Nuf a
Uncontrolled Keywords: Cluster Analysis, Complete Linkage Method, Grouping, Outcomes, Maternal Health Services
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AINUN NUFUS, 101411131099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Basuki Notobroto, Dr., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Nov 2018 14:08
Last Modified: 29 Nov 2018 14:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/75959
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item