MOTIF EKONOMI DAN NON-EKONOMI DIBALIK PENGEMBANGAN INDUSTRI PENERBANGAN UNI EMIRAT ARAB

Ilham Maulana Ibrahim Bafadal, 071411233002 (2018) MOTIF EKONOMI DAN NON-EKONOMI DIBALIK PENGEMBANGAN INDUSTRI PENERBANGAN UNI EMIRAT ARAB. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.62 18 Baf m.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.HI.62 18 Baf m.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.HI.62 18 Baf m.pdf

Download (209kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Uni Emirat Arab (UEA) telah menjadi negara yang memiliki perkembangan industri penerbangan nasional yang mengagumkan di dunia. Sebagai negara kecil dan masih berumur muda, UEA telah memiliki industri penerbangan level global dengan segala kemewahan dan kemegahan yang dimilikinya. Berbeda dengan negara-negara lainnya, UEA memiliki keunikan tersendiri berupa kepemilikan dua maskapai penerbangan nasional. Ambisinya untuk mengembangkan industri penerbangan global juga tergambarkan pada upayanya dalam membangun bandara-bandara terbesar, kebijakan pemerintah berbasis infrastruktur, dan pengembangan sektor-sektor industri lanjutan yang berkaitan dengan industri penerbangan. Pengembangan industri penerbangan yang begitu masif di UEA, menjadi ruang baru yang dapat diteliti melalui kacamata hubungan internasional. Penelitian ini kemudian mencoba mengungkap motif dibalik pengembangan industri penerbangan di UEA dengan menggunakan pendekatan keynesian dan nation branding. Dengan adanya motif ekonomi dan non-ekonomi yang diuji pada proses pengembangannya, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa terjadi perluasan motif dalam pengembangan industri penerbangan yang terjadi di UEA. Pada awal pengembangannya, UEA cenderung menunjukkan motif ekonomi, yang dilandasi oleh kebutuhan untuk melepaskan belenggu ketergatungan pada minyak yang rentan akan instabilitas politik dunia dan keinginannya mendapatkan pertumbuhan ekonomi signifikan dengan melakukan diversifikasi ekonomi. Namun seiring berjalannya waktu UEA mulai menangkap arti penting penerbangan yang bisa digunakan sebagai instrumen pembentuk image baru pada dunia internasional, serta mampu memperjelas arti penting posisinya sebagai global hub.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.62/18 Baf m
Uncontrolled Keywords: Industri Penerbangan UEA, Motif Ekonomi UEA, Motif Non- Ekonomi UEA.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Ilham Maulana Ibrahim Bafadal, 071411233002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoko susanto, S.IP., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Dec 2018 08:10
Last Modified: 06 Dec 2018 08:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76186
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item