LATAR BELAKANG TIONGKOK DALAM MENGUPAYAKAN IMPLEMENTASI KEDAULATAN DUNIA MAYA SECARA GLOBAL

NI PUTU INDAH MAHARANI, 071311233097 (2018) LATAR BELAKANG TIONGKOK DALAM MENGUPAYAKAN IMPLEMENTASI KEDAULATAN DUNIA MAYA SECARA GLOBAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.64 18 Mah l.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.HI.64 18 Mah l.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan Internet yang open access akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir tertantang oleh adanya gagasan mengenai cyber sovereignty atau kedaulatan dunia maya. Satu negara yang dapat dikatakan paling sering menyuarakan ide kedaulatan dunia maya tersebut adalah Tiongkok. Setelah cukup lama mempraktikan prinsip kedaulatan dunia maya di dalam negeri, Tiongkok menunjukkan keinginan untuk menerapkan gagasan kedaulatan dunia maya ini secara global. Pada tahun 2011, Tiongkok mengajak Rusia, Tajikistan, dan Uzbekistan melalui Shanghai Cooperation Organization atau SCO mengangkat isu kedaulatan dunia maya tersebut ke ranah internasional. Mengenai perilaku Tiongkok yang menerapkan kontrol pada hampir semua sektor dalam negerinya sesungguhnya dapat dikatakan wajar mengingat sudah lama Tiongkok berada di bawah rezim yang sifatnya otoritarian. Akan tetapi, ketika prinsip otoritarian ini diupayakan untuk diterapkan secara global, hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan sehingga memerlukan penjelasan tentang alasan di balik perilaku Tiongkok tersebut. Penulis mengajukan hipotesis bahwa Tiongkok berupaya menekan aktivisme media sosial dan mengurangi pengaruh jangkauan global media sosial asing terhadap aktivisme yang terjadi di Tiongkok. Demikian, penulis menggunakan paradigma kebijakan rasional untuk menganalisis latar belakang dari perilaku Tiongkok mengupayakan kedaulatan dunia maya diimplementasi dunia global tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.64/18 Mah l
Uncontrolled Keywords: kedaulatan dunia maya, aktivisme, media sosial, Internet, dan Tiongkok
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ24-38 Societies, associations, academies, institutes, etc., for the study of international relations
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
NI PUTU INDAH MAHARANI, 071311233097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Yunus, S.IP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Dec 2018 08:23
Last Modified: 06 Dec 2018 08:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item