SISTEM PAKAR ANALISIS KEPRIBADIAN BERDASARKAN MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) DENGAN METODE LOGIKA FUZZY DAN EMPSTER - SHAFER

SOFFY ENDIKA AYU SARLIM, 081411231016 (2018) SISTEM PAKAR ANALISIS KEPRIBADIAN BERDASARKAN MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) DENGAN METODE LOGIKA FUZZY DAN EMPSTER - SHAFER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPM. 83-18 Sar s.pdf
Restricted to Registered users only until 10 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini telah dimanfaatkan dalam berbagai macam aspek kehidupan, seperti dalam aspek ilmu pengetahuan. Salah satu bidang ilmu pengetahuan yang memanfaatkan perkembangan teknologi adalah bidang Ilmu Psikologi Kepribadian. Karena itu penelitian ini dilakukan untuk membaharui penerapan alat ukur kepribadian dengan menentukan kecenderungan tipe kepribadian seseorang. Alat ukur kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Myers Briggs Type Indicator (MBTI). Alat ukur kepribadian ini membagi kepribadian manusia ke dalam 4 pasang dimensi kepribadian yang saling berlawanan yang kemudian dikombinasikan menjadi 16 tipe kepribadian. Dalam penelitian ini digunakan gabungan dari gabungan dua metode pengambilan keputusan yaitu metode Logika Fuzzy dan Dempster-Shafer. Logika Fuzzy adalah suatu metode operasi logika yang berdasarkan many-valued logic (logika bernilai banyak). Sedangkan Dempster Shafer yang berdasarkan bukti memungkinkan untuk menggabungkan serta memperhitungkan semua buktibukti yang tersedia dan dari sumber yang berbeda hingga mencapai suatu kesimpulan. Kesimpulan dari perhitungan ini berisikan hasil analisa tipe kepribadian pengguna yang telah mengisi pernyataan-pernyataan yang diberikan. Kata Kunci : Kepribadian, Myers Briggs Type Indicator, MBTI, Fuzzy, Dempster-Shafer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kkc kk mpm. 83-18 Sar s
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Myers Briggs Type Indicator, MBTI, Fuzzy, Dempster-Shafer.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
SOFFY ENDIKA AYU SARLIM, 081411231016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:13
Last Modified: 10 Dec 2018 09:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76361
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item