PENERAPAN HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) DENGAN ALGORITMA TABU SEARCH (TS) UNTUK VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOW (VRPTW)

APRILIA PRABAWANI PUTRI INDRIJANTO, 081411231022 (2018) PENERAPAN HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC) DENGAN ALGORITMA TABU SEARCH (TS) UNTUK VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOW (VRPTW). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang permasalahan dalam menentukan rute yang menggunakan sejumlah kendaraan dengan kapasitas tertentu untuk mengunjungi sejumlah pelanggan dengan permintaan dan rentang waktu pelayanan masing-masing yang disebut Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW). Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah VRPTW ini adalah Hybrid Algoritma Artificial Bee Colony (ABC) dan Algoritma Tabu Search (TS). Algoritma ABC merupakan salah satu metode heuristic yang diinspirasikan dengan kehidupan sebuah koloni lebah pada saat mereka mencari sumber makanan. Algoritma TS merupakan sebuah metode optimasi yang berbasis pada local search. Proses hybrid algoritma ini adalah dengan cara meletakkan proses TS setelah proses algoritma ABC dan membawa hasil dari algoritma TS untuk diproses kembali kedalam algoritma ABC. Program yang digunakan untuk menyelesaikan VRPTW dengan algoritma ABC dan TS adalah Borland C++ dan diimplementasikan menggunakan 3 contoh kasus, data kecil dengan 25 pelanggan, data sedang 50 pelanggan dan data besar 100 pelanggan. Diperoleh solusi terbaik dari 25, 50 dan 100 pelanggan adalah 594, 1865 dan 3978 satuan jarak. Diperoleh kesimpulan bahwa semakin besar jumlah employed bee yang dibangkitkan, semakin banyak modifikasi tabu search dan semakin besar maksimum iterasi pada ABC, maka solusi yang dihasilkan cenderung lebih baik. Kata Kunci : Artificial Bee Colony, Tabu Search, Hybrid, Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 101-18 Ind p
Uncontrolled Keywords: Artificial Bee Colony, Tabu Search, Hybrid, Vehicle Routing Problem with Time Windows (VRPTW)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
APRILIA PRABAWANI PUTRI INDRIJANTO, 081411231022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 11 Dec 2018 10:47
Last Modified: 11 Dec 2018 10:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76473
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item