REKOMENDASI PEMANFAATAN POLIKLINIK RAWAT JALAN PASIEN UMUM BERDASARKAN ANALISIS BRAND IMAGE (Studi di Rumah Sakit Bhayangkara H.S. Samsoeri Mertojoso Surabaya)

PURYANTI, NIM.: 101614453014 (2018) REKOMENDASI PEMANFAATAN POLIKLINIK RAWAT JALAN PASIEN UMUM BERDASARKAN ANALISIS BRAND IMAGE (Studi di Rumah Sakit Bhayangkara H.S. Samsoeri Mertojoso Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TKA 53_18 Pur r ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKA 53_18 Pur r.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilandasi adanya masalah penurunan kunjungan pasien umum di poliklinik rawat jalan Rumah Sakit Bhayangkara H.S. Samsoeri Mertojoso Surabaya 1% - 3% selama tiga tahun terakhir. Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan rancang bangun penelitian cross sectional study. Sampel penelitian adalah pasien umum poliklinik rawat jalan Rumah Sakit Bhayangkara H.S. Samsoeri Mertojoso Surabaya. Besar sampel penelitian sebesar 145 sampel dengan teknik systematic random sampling. Penelitian dilaksanakan mulai Bulan Agustus 2017 sampai Bulan Juni 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan brand image pasien umum sudah baik. Berdasarkan hasil uji analisis didapatkan bahwa motivasi, persepsi, dan pembelajaran mempunyai pengaruh signifikan terhadap attribute product. Persepsi memiliki pengaruh terhadap attribute nonproduct. Motivasi dan persepsi memiliki pengaruh terhadap benefit. Persepsi, dan pembelajaran memiliki pengaruh terhadap attitude. Motivasi, keyakinan, dan pembelajaran memiliki pengaruh terhadap favorability of brand association. Persepsi dan pembelajaran memiliki pengaruh terhadap strength of brand association. Motivasi dan pembelajaran memiliki pengaruh terhadap uniqueness of brand association. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pasien umum mayoritas perempuan, tidak bekerja, dalam kategori umur dewa sa awal (26-35) dengan pendidikan menengah (SMA), memiliki tingkat ekonomi menengah kebawah dan rata-rata berdomisili di radius 0-5 km. Motivasi pasien umum adalah karena dokter. Persepsi, keyakinan, dan pembelajaran pasien umum sudah baik; (2) brand image pasien umum sudah baik, sub variabel yang masih dinilai tidak baik yaitu keberadaan dokter di ruangan, ketepatan kedatangan dokter, waktu tunggu pelayanan dokter, waktu tunggu pelayanan pendaftaran, kenyamanan ruang tunggu, kebersihan kamar mandi, brosur, leaflet, spanduk kurang bagus dan informatif, bangunan rumah sakit, kepuasan dan kenyamanan pasien, kesediaan merekomendasikan kepada orang lain, fasilitas rawat jalan, kecepatan pelayanan; (3) motivasi, persepsi, keyakinan, dan pembelajaran mempunyai pengaruh signifikan terhadap brand image (t ypes of brand association, favorability of brand association, strength of brand association, uniqueness of brand association).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 53/18 Pur r
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, karakteristik pasien, brand image.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
PURYANTI, NIM.: 101614453014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantS. Supriyanto, Prof. Dr., dr., M.S.UNSPECIFIED
ConsultantSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 12 Dec 2018 10:35
Last Modified: 12 Dec 2018 10:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item