ANALISIS PERILAKU PERAWAT DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN NYERI NON FARMAKOLOGI PADA NEONATUS YANG DILAKUKAN TINDAKAN INVASIF MINOR DENGAN PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)

TIUR TRIHASTUTIK, 131611123055 (2018) ANALISIS PERILAKU PERAWAT DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN NYERI NON FARMAKOLOGI PADA NEONATUS YANG DILAKUKAN TINDAKAN INVASIF MINOR DENGAN PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK FKP.N.205-18 Tri a ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FKP.N.205-18 Tri a SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Nyeri pada neonatus dapat mengakibatkan perilaku, fisiologi dan respon metabolik yang negatif. Perilaku perawat dalam melakukan manajemen nyeri non farmakologi saat melakukan tindakan invasif minor belum mencapai target yang ditetapkan. Faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut belum dapat dijelaskan.Penelitian ini bertujuan menganalisis perilaku perawat dalam pelaksanaan manajemen nyeri non farmakologi pada neonatus yang dilakukan tindakan invasif minor dengan pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB) .Metode: Penelitian ini merupakan penelitian studi deskriptif analisis dengan desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah perawat yang bekerja di ruang bayi,NICU IRD dan NICUGBPT RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Total sampel 55 responden yang yang dipilih menggunakan simple random sampling. Variabel bebas adalah background faktor yaitu usia, pendidikan, pengetahuan, sikap, norma subjektif, Percived behavior control (PBC) dan intensi. Variabel terikat adalah background faktor yaitu usia, pendidikan, pengetahuan, sikap, norma subjektif, Percived behavior control (PBC) dan intensi. Data diperoleh menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan regresi logistik dengan derajat kemaknaan   0,05. Hasil : Background factor usia (p=0,02) dan pengetahuan (p=0,004) berhubungan dengan sikap, pendidikan (p=0,023) berhubungan dengan norma subjektif, pengetahuan (p=0,004) berhubungan dengan PBC, sikap (p=0,010) dan norma subjektif (p=0,006) berhubungan dengan intensi, dan intensi berhubungan dengan perilaku (p=0,024). Diskusi: penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan perilaku agar lebih diarahkan pada faktor-faktor yang berhubungan dalam membentuk perilaku yakni pengetahuan, sikap, pendidikan, norma subjektif, dan intensi. Perawat hendaknya meningkatkan pengetahuan, jenjang pendidikan, dan sikap yang positif dalam merawat pasien. Penelitian berikutnya hendaknya lebih berfokus pada intervensi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan perilaku manajemen nyeri non farmakologis pada neonatus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.205/18 Tri a
Uncontrolled Keywords: Behavior, Pain Management, Neonates, Theory of Palnned Behavior
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TIUR TRIHASTUTIK, 131611123055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlya Krisnana, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Thesis advisorIqlima Dwi Kurnia, S. Kep., Ns., M. Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Dec 2018 17:35
Last Modified: 12 Dec 2018 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76653
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item