HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN SIKAP IBU TERHADAP KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH PUSKESMAS BENAO KABUPATEN BARITO UTARA KALIMANTAN TENGAH

RINA AFRIANI, 131611123038 (2018) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN SIKAP IBU TERHADAP KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH PUSKESMAS BENAO KABUPATEN BARITO UTARA KALIMANTAN TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FKP.N.206-18 Afr h ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK FKP.N.206-18 Afr h SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Ibu menyusui di Indonesia masih banyak yang gagal melakukan pemberian ASI secara eksklusif. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan dukungan sosial dan sikap ibu terhadap keberhasilan ASI Eksklusif. Metode: Desain penelitian ini menggunakan cross sectional. Sampel penelitian adalah 102 ibu menyusui yang dengan bayi berusia 6-23 bulan di wilayah Puskesmas Benao Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Variabel dependen yaitu dukungan sosial dan sikap ibu, sedangkan variabel independen yaitu keberhasilan ASI eksklusif. Data dikumpulkan menggunakan dua kuesioner, kuesioner dukungan sosial di adaptasi dari Hughes Breastfeeding Support Scale dan kuesioner sikap menggunakan kuesioner dari Iowa Infant feeding Attitude Scale. Data kemudian dianalisis menggunakan Chi Square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan tidak ada hubungan antara dukungan sosial dengan keberhasilan ASI eksklusif (p=0,270), ada hubungan antara sikap ibu dan keberhasilan ASI eksklusif (p=0,001). Diskusi: Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan dukungan sosial dengan keberhasilan pemberian ASI eksklusif. Sikap ibu sudah cukup baik dalam mendukung keberhasilan ASI eksklusif. Untuk membuat ASI eksklusif berhasil, perlu untuk memberdayakan orang-orang disekitar ibu dengan memberikan konseling dan informasi mengenai ASI eksklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.206/18 Afr h
Uncontrolled Keywords: exclusive breastfeeding, attitude, social support.
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
RINA AFRIANI, 131611123038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEsti Yunitasari, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorIlya Krisnana, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Dec 2018 17:44
Last Modified: 12 Dec 2018 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76654
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item