PENERAPAN PROGRAM “SAYANGI DIRIKU” MELALUI METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERSONAL BODY SAFETY PADA ANAK USIA 7 TAHUN DI SEKOLAH DASAR

SHELLA ES SHABARINA, 111411131122 (2018) PENERAPAN PROGRAM “SAYANGI DIRIKU” MELALUI METODE STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERSONAL BODY SAFETY PADA ANAK USIA 7 TAHUN DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program “Sayangi Diriku” melalui metode storytelling terhadap peningkatan pengetahuan personal body safety. Program “Sayangi Diriku” merupakan program mengenai pengetahun personal body safety yang dikemas dalam cerita. Melalui metode storytelling, cerita disampaikan kepada subjek. Sedangkan personal body safety merupakan program yang berlatar belakang teori kognitif-perilaku dan belajar sosial. Personal body safety bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman mengenai keamanan tubuh pribadi (Wurtele, 2008). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi dengan single group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak berusia 7 tahun yang masuk ke dalam rentang usia masa kanak-kanak pertengahan menurut Piaget (Santrock, 2013), yaitu 7-11 tahun. Adapun jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 16 subjek yang merupakan siswa SDN Gubeng I Surabaya. Subjek diberi perlakuan berupa penerapan program “Sayangi Diriku” melalui metode storytelling untuk meningkatkan pengetahuan personal body safety. Pengetahuan personal body safety meliputi beberapa aspek yaitu mengenal nama yang tepat pada bagian tubuh, membedakan sentuhan baik dan tidak baik, anak berhak menentukan siapa yang dapat menyentuh tubuh dan pada bagian mana, melaporkan pada orang dewasa jika ada orang yang menyentuh bagian tubuh, keterampilan asertif dan mengenal situasi berbahaya. Pengukuran pengetahuan personal body safety menggunakan pretest dan posttest. Analisis terhadap data yang dikumpulkan dengan teknik perbedaan dua rerata paired t-test dengan bantuan program SPSS versi 21 untuk Mac. Adapun taraf signifikansi yang didapat dalam penelitian ini ialah p 0,000 dan dengan perbedaan dua rerata sebesar 7,81. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program “Sayangi Diriku” secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan personal body safety pada anak usia 7 tahun di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 190/18 Sha p
Uncontrolled Keywords: Personal body safety, Storytelling, 7 years
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
SHELLA ES SHABARINA, 111411131122UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDuta Nurdibyanandaru, Dr., MS., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 12:12
Last Modified: 17 Dec 2018 12:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76882
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item