ACADEMIC ENGAGEMENT PADA MAHASISWA ATLET

HEZBY VIERDAUSYTHA, 111411131032 (2018) ACADEMIC ENGAGEMENT PADA MAHASISWA ATLET. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 17 December 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterlibatan mahasiswa atlet secara akademik dan mengetahui strategi dalam mengupayakan academic engagement (keterlibatan akademik). Fokus penelitian ini adalah untuk memahami bentuk-bentuk academic engagement (keterlibatan akademik) pada mahasiswa atlet dan bagaimana strategi mereka untuk berusaha memiliki academic engagement (keterlibatan akademik) tersebut. Academic engagement dibagi menjadi 3 dimensi dimana terdapat dimensi behavioral engagement, cognitive engagement, dan emotional engagement. Dimensi tersebut berfungsi bersama dalam mencerminkan pendekatan positif individu untuk belajar di bidang akademik (Fredricks, Blumenfeld, & Paris, 2004). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus instrumental. Pemilihan partisipan menggunakan Nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Partisipan berjumlah tiga orang yang terdiri dari dua perempuan berusia 21 tahun dan satu laki-laki berusia 20 tahun. Ketiga partisipan merupakan mahasiswa atlet yang berada di fakultas Psikologi. Proses pengambilan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan dianalisa menggunakan analisa tematik theory-driven. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tiga dimensi dalam bentuk-bentuk academic engagement pada mahasiswa atlet antara komponen-komponennya memiliki perbedaan erat antar masing-masing partisipan. Ketiga partisipan memiliki perilaku yang berbeda-beda yang ditunjukkan dalam dimensi behavioral engagement, dimensi cognitive engagement, dimensi emotional engagement yang tergabung dalam academic engagement mereka. Ketiga mahasiswa atlet juga menunjukkan kelelahan setelah mengikuti latihan rutin saat proses pembelajaran berlangsung di kelas. Strategi yang digunakan masing-masing mahasiswa atlet berbeda-beda dalam mengupayakan academic engagement.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 195/18 Vie a
Uncontrolled Keywords: athlete students, academic engagement, behavioral engagement, cognitive engagement, emotional engagement
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
HEZBY VIERDAUSYTHA, 111411131032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDuta Nurdibyanandaru, Dr. , MS., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 13:01
Last Modified: 17 Dec 2018 13:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76898
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item