REINTERPRETASI PERISTIWA SEJARAH DAN TOKOH KARTOSOEWIRJO DALAM KUMPULAN PUISI KEMATIAN KECIL KARTOSOEWIRJO KARYA TRIYANTO TRIWIKROMO: KAJIAN NEW HISTORICISM

CHENDRA MITRA AFFANDI, 121411131078 (2018) REINTERPRETASI PERISTIWA SEJARAH DAN TOKOH KARTOSOEWIRJO DALAM KUMPULAN PUISI KEMATIAN KECIL KARTOSOEWIRJO KARYA TRIYANTO TRIWIKROMO: KAJIAN NEW HISTORICISM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BI 117 18 Aff r ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BI 117 18 Aff r.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan identifikasi serta reinterpretasi peristiwa sejarah mengenai Kartosoewirjo dalam kumpulan puisi Kematian Kecil Kartosoewirjo oleh Triyanto Triwikromo berdasarkan hubungannya dengan wacana sejarah dalam teks-teks sejarah. Hal tersebut dilakukan melalui metode penyejajaran antara objek penelitian dengan teks nonsastra berupa sumber-sumber sejarah yang kemudian dapat dimaknai sebagai sebuah usaha pengarang dalam memberikan alternatif pemaknaan terhadap peristiwa sejarah melalui puisi-puisi dalam kumpulan puisi Kematian Kecil Kartosoewirjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif library research. Penelitian ini disampaikan melalui dua tahap pemaparan temuan. Pertama, melalui identifikasi peristiwa sejarah dalam kumpulan puisi Kematian Kecil Kartosoewirjo. Kedua, menguak reinterpretasi peristiwa sejarah dan tokoh Kartosoewirjo dalam kumpulan puisi Kematian Kecil Kartosoewirjo. Melalui kedua tahap tersebut digunakan pendekatan sosiologi sastra yang menitikberatkan pada sosiologi karya dengan memanfaatkan teori new historicism untuk mengetahui hubungan antara kedua teks, dengan cara menyejajarkan teks dalam posisi yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kumpulan puisi Kematian Kecil Kartosoewirjo, Triyanto Triwikromo memberikan cara pandang alternatif dalam memaknai peristiwa sejarah mengenai tokoh Kartosoewirjo yang selalu dianggap sebagai seorang pemberontak. Melalui pemaparan peristiwa dan tokoh-tokoh yang dibangun pengarang dalam puisipuisinya, dapat diketahui bahwa pengarang berupaya menonjolkan sisi lain dari tokoh Kartosoewirjo yang kerap luput dari pemaparan dalam teks-teks sejarah, yaitu sifat religius, cerdik, penyayang, serta sosok yang bahkan tidak memiliki kesalahan yang pantas membuatnya dihukum mati. Oleh karena itu, teks kumpulan puisi Kematian Kecil Kartosoewirjo merupakan karya sastra yang mampu berdialog dengan sejarah dan dapat memberikan alternatif pandangan yang berbeda dalam memaknai tokoh Kartosoewirjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 117/18 Aff r
Uncontrolled Keywords: kumpulan puisi, Triyanto Triwikromo, peristiwa sejarah, Kartosoewirjo, new historicism
Subjects: P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
CHENDRA MITRA AFFANDI, 121411131078UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Putera Manuaba, Prof. Dr. Drs. , M.Hum.,UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Dec 2018 16:24
Last Modified: 18 Dec 2018 16:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/76993
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item