KONDISI KEMISKINAN DI INDONESIA (GAMBARAN DATA SUSENAS 2015 EDISI MARET)

SRI NAWANGSIH RETNONINGTYAS, 041411133004 (2018) KONDISI KEMISKINAN DI INDONESIA (GAMBARAN DATA SUSENAS 2015 EDISI MARET). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text (FULL TEXT)
C. 145-18 Ret k.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini akan membahas masalah kemiskinan multidimensional rumah tangga di Indonesia menggunakan data SUSENAS periode Maret tahun 2015. Kemiskinan multidimensional rumah tangga di Indonesia akan menggunakan dua alat analisis. Analisis pertama menghitung angka indeks kemiskinan multidimensional dengan menggunakan metode Alkire-Foster. Pendekatan multidimensional digunakan karena dapat mengidentifikasi masalah kemiskinan dengan menggunakan beberapa dimensi. Dimensi yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendidikan, kesehatan, dan standar hidup. Hasil penelitian ini menunjukkan indeks kemiskinan multidimensional sebesar 0,188 dengan garis batas kemiskinan multidimensional sebesar 33%, jadi apabila indeks kemiskinan multidimeional sebesar 0,33 atau lebih maka rumah tangga tersebut termasuk miskin multidimensional. Secara umum dimensi yang menyumbang tingkat kemiskinan multidimensional tertinggi adalah dimensi kesehatan pada indikator morbiditas dengan persentase 55%. Analisis yang kedua menggunakan regresi logistik untuk mengetahui determinan kemiskinan multidimensional. Hasil estimasi pada kemiskinan multidimensional di Indonesia menggunakan regresi logistik menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel independen yang digunakan signifikan mempengaruhi status kemiskinan multidimensional. Kemudian, secara parsial variabel jenis kelamin kepala rumah tangga, usia kepala rumah tangga, status pendidikan kepala rumah tangga, jenis pekerjaan kepala rumah tangga, kualitas air minum rumah tangga, kaulitas sanitasi, akses listrik, kualitas bahan bakar, dan kualitas lantai rumah tangga berpengaruh signifikan dan berhubungan positif dengan status kemiskinan multidimensional rumah tangga di Indonesia. Kata kunci: Kemiskinan multidimensional, Metode Alkire-Foster, Kemiskinan rumah tangga, Regresi Logistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 145/18 Ret k
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan multidimensional, Metode Alkire-Foster, Kemiskinan rumah tangga, Regresi Logistik
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV4023-4470.7 Poor in cities. Slums
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
SRI NAWANGSIH RETNONINGTYAS, 041411133004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Made Sukartini, S.E., M.Si., MIDEC.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 27 Dec 2018 09:21
Last Modified: 27 Dec 2018 09:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77249
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item