PENGARUH KONSENTRASI KOMBINASI LEMAK PADAT BEESWAX DAN OLEUM CACAO TERHADAP STABILITAS SISTEM NLC MINYAK KEMIRI

ARUM SEKAR MAHARANI, 051411131140 (2018) PENGARUH KONSENTRASI KOMBINASI LEMAK PADAT BEESWAX DAN OLEUM CACAO TERHADAP STABILITAS SISTEM NLC MINYAK KEMIRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FF.F. 46-18 Mah p Abstrak.pdf

Download (139kB)
[img] Text (Fulltext)
FF.F. 46-18 Mah p.pdf
Restricted to Registered users only until 28 December 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Minyak kemiri adalah suatu bahan yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut. Minyak kemiri bersifat mudah menguap dan mudah teroksidasi. Maka, untuk meningkatkan stabilitasnya minyak kemiri diformulasikan ke dalam sistem penghantaran obat pembawa nano yang disebut nanostructured lipid carrier. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan stabilitas sediaan nanostructured lipid carrier minyak kemiri menggunakan berbagai konsentrasi kombinasi beeswax dan oleum cacao sebagai lemak padat. Konsentrasi beeswax dan oleum cacao yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100:0; 50:50; 25:75; dan 0:100. Seluruh formula mengandung 5% minyak kemiri. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan karakteristik pada sediaan nanostructured lipid carrier meliputi titik lebur, derajat kristalinitas, viskositas, ukuran partikel, polydispersity index, dan pengamatan organoleptis (visual). Stabilitas fisik diamati pada minggu 0 hingga minggu 8 selama penyimpanan 8 minggu di suhu ruang (25±2°C). Stabilitas fisik ditentukan berdasarkan pengamatan visual, viskositas, ukuran partikel, polydispersity index, dan derajat kristalinitas. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara formula-formula pada stabilitas ukuran partikel, pH, polydispersity index, dan viskositas. Berdasarkan pengamatan organoleptisnya, formula dengan kombinasi beeswax dan oleum cacao 50:50 mengalami pemisahan fase. Hasil menunjukkan bahwa semua sediaan nanostructured lipid carrier minyak kemiri tidak stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF.F. 46-18 Mah p
Uncontrolled Keywords: minyak kemiri, nanostructured lipid carrier, uji stabilitas fisik, pertumbuhan rambut, beeswax dan oleum cacao, high shear homogenization
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmastika
Creators:
CreatorsNIM
ARUM SEKAR MAHARANI, 051411131140UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTristiana Erawati, Dr., M.Si., Apt.UNSPECIFIED
Thesis advisorWidji Soeratri, Prof. Dr., Apt., DEA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:23
Last Modified: 28 Dec 2018 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item