APLIKASI GAME THEORY PADA STRATEGI FUNDING PT. BANK SYARI’AH MANDIRI DAN PT. BANK BNI SYARI’AH DALAM MENGHADAPI KOMPETISI INDUSTRI PERBANKAN SYARI’AH DI INDONESIA (STUDI KASUS STRATEGI 2016)

TEGAR WIJANARKO, 041411431152 (2018) APLIKASI GAME THEORY PADA STRATEGI FUNDING PT. BANK SYARI’AH MANDIRI DAN PT. BANK BNI SYARI’AH DALAM MENGHADAPI KOMPETISI INDUSTRI PERBANKAN SYARI’AH DI INDONESIA (STUDI KASUS STRATEGI 2016). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text (ABSTRAK)
FEB EI 94-18 WIJ A - ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 94-18 WIJ A.pdf
Restricted to Registered users only until 2 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aplikasi game theory pada strategi funding PT. Bank Syari’ah Mandiri dan PT. Bank BNI Syari’ah dalam menghadapi persaingan industri perbankan syari’ah di Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisismatrikspayoff pada game theory dengan pemain PT. Bank Syari’ah Mandiri dan PT. Bank BNI Syari’ah sebagai subjek penelitian dan strategi funding sebagai objek penelitian dan DPK, dana haji, jumlah nasabah sebagai indikator payoff. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi dilema tahanan tidak ditemukan dalam permainan tersebut. Ditemukan kondisi keseimbangan Nash pada strategi 2 BSM dan strategi 1 BNIS. Sementara strategi dominan yang menghasilkan payoff tertinggi dari kedua bank adalah strategi meningkatkan promosi dan marketingdana haji murah yang lebih agresif untuk peningkatan core deposit sebagai antisipasi penurunan dana akibat pembentukan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dengan skor sebesar 32,1 untuk PT. Bank Mandiri Syari’ah dan strategi mass funding dengan cara kerja sama dengan BNI Induk dalam bentuk kerja sama keagenan/ Layanan Syariah Bank (LSB) dan bersinergi dengan outletmikro untuk pemasaran DPK dengan skor 25,4 untuk PT. Bank BNI Syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB EI 94/18 Wij a
Uncontrolled Keywords: GAME THEORY, STRATEGI, FUNDING, BANK SYARI’AH
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
TEGAR WIJANARKO, 041411431152UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEKO FAJAR CAHYONO, S.E., M.E.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 02 Jan 2019 06:32
Last Modified: 02 Jan 2019 06:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77472
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item