PENGEMBANGAN APLIKASI ALGORITMA EKG BERBASIS SISTEM ANDROID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KECEPATAN PERAWAT MELAKUKAN INTERPRETASI EKG DASAR DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

NISSA ARUMING SILA, NIM.: 131614153007 (2018) PENGEMBANGAN APLIKASI ALGORITMA EKG BERBASIS SISTEM ANDROID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KECEPATAN PERAWAT MELAKUKAN INTERPRETASI EKG DASAR DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 46_18 sil p ABSTRAK.pdf

Download (776kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 46_18 sil p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Penyakit jantung merupakan penyakit penyebab kematian dengan jumlah penderita terbesar ketiga di seluruh dunia. Deteksi dini penyakit jantung merupakan langkah yang tepat dalam menurunkan angka kematian. Kemampuan perawat dalam interpretasi EKG masih kurang. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi algoritma interpretasi EKG dalam meningkatkan kemampuan dan kecepatan interpretasi EKG. Metode : Penelitian ini menggunakan metode R & D. Data dikumpulkan melalui kuesioner pengetahuan dan kuesioner interpretasi EKG kepada 90 perawat di unit rawat inap untuk pengembangan aplikasi, kemudian dilakukan uji coba dan evaluasi. Evalasi dilakukan dengan metode true experiment dengan teknik simpel random sampling untuk mendapatkan 28 responden pada masing-masing kelompok. Hasil: Hasil penelitian adalah sebuah aplikasi algoritma interpretasi EKG dasar berbasis sistem android. Uji Paired T Test didapatkan p <0,05, uji independent T test didapatkan p < 0,05. Peningkatan kemampuan perawat memiliki nilai p value 0,000 dan peningkatan kecepatan interpretasi EKG memiliki p value 0,005. Kesimpulan : Aplikasi algoritma interpretasi EKG dapat meningkatkan kemamuan dan kecepatan perawat dalam interpretasi EKG dasar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 46/18 Sil p
Uncontrolled Keywords: EKG, Interpretasi, Algoritma, Nursing.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NISSA ARUMING SILA, NIM.: 131614153007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantH. Nursalam, Prof. Dr., M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:17
Last Modified: 03 Jan 2019 04:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77527
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item