KEBIJAKAN PEMILIHAN IMPLEMENTASI AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISHAH PADA BANK JATIM SYARIAH SURABAYA

ADE RAHMAWATI, 041411431050 (2018) KEBIJAKAN PEMILIHAN IMPLEMENTASI AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISHAH PADA BANK JATIM SYARIAH SURABAYA. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text (ABSTRAK)
FEB EI 98-18 RAH K - ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB EI 98-18 RAH K.pdf
Restricted to Registered users only until 3 January 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perbankan syariah dalam upaya mengambil keputusan pada saat memilih akad yang akan diterapkan, selain itu juga untuk mengetahui unsur apa saja yang diperhatikan oleh Bank Jatim Syariah Surabaya dalam mengambil keputusan untuk memilih akad yang akan diterapkan. Serta kelebihan akad Musyarakah Mutanaqishah dan alasan Bank Jatim Syariah memilih akad Musyarakah Mutanaqishah dari pada akad Ijarah Muntahiya Bittamlik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dengan cara wawancara yang mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan topik, serta menarik kesimpulan dari hasil wawancara dengan marketing pembiayaan, analis pembiayaan, dan operasional pembiayaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bank Jatim Syariah dalam mengambil keputusan untuk memilih akad yang akan diterapkan melihat dari sisi pengkontribusian akad tersebut dalam pembiayaan di dunia perbankan syariah. Selain itu dalam kebijakan memilih beberapa akad Bank Jatim Syariah Surabaya juga memperhatikan akad yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan pasar serta memiliki mekanisme yang mudah, sehingga tidak menyulitkan pihak bank maupun nasabah Bank Jatim Syariah Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FEB EI 98/18 Rah k
Uncontrolled Keywords: KEBIJAKAN MEMILIH, MUSYARAKAH MUTANAQISAH, IJARAH MUNTAHIYA BITTAMLIK, BANK JATIM SYARIAH SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ADE RAHMAWATI, 041411431050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIRHAM ZAKI, Dr.,S.AG., M.EI.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 03 Jan 2019 05:06
Last Modified: 03 Jan 2019 05:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77530
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item