BUDAYA KESELAMATAN PASIEN BERBASIS PEMBERDAYAAN STRUKTURAL DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT

TANTRI ARINI, NIM.: 131614153054 (2018) BUDAYA KESELAMATAN PASIEN BERBASIS PEMBERDAYAAN STRUKTURAL DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 49_18 Ari b ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 49_18 Ari b.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengantar: penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan budaya keselamatan pasien yang berbasis pemberdayaan struktural dengan kepuasan kerja perawat dalam memberikan pelayanan di Rumah Sakit. Metode: penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain cross sectional, dengan rancangan penelitian analitik korelasi. Data dianalisis dengan menggunakan partial least square (PLS). Penelitian ini memiliki responden penelitian sebanyak 252 orang perawat pelaksana yang tersebar di RSUD Dr. Soetomo Surabaya, RSUD dr. Soedono Madiun dan RSUD dr. Sayidiman Magetan. Penelitian ini menggunakan probability sampling, yaitu multistage random sampling. Data yang diambil adalah karakteristik responden, budaya budaya keselamatan pasien, pemberdayaan struktural dan kepuasan kerja perawat. Hasil dan analisis: budaya keselamatan pasien berhubungan dengan pemberdayaan struktural dengan t statistik 19,4052, budaya keselamatan pasien berhubungan dengan kepuasan kerja perawat dengan t statistik 12,4414 pemberdayaan struktural berhubungan dengan kepuasan kerja perawat dengan nilai t statistik 3,9609 Diskusi: budaya keselamatan pasien berbasis pemberdayaan struktural merupakan model yang dapat digunakan meningkatkan kepuasan kerja perawat. Jalur cepat untuk meningkatkan kepuasan kerja perawat yaitu melalui budaya keselamatan pasien. Peneliti selanjutnya dapat melakukan intervensi untuk mengoptimalkan budaya keselamatan pasien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 49/18 Ari b
Uncontrolled Keywords: budaya keselamatan pasien, pemberdayaan struktural, kepuasan kerja perawat.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA407-409.5 Health status indicators. Medical statistics and surveys
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TANTRI ARINI, NIM.: 131614153054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantH. Kusnanto, Dr., S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
ConsultantSlamet Riyadi Yuwono, Dr., dr., DTM&H., MARSUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 03 Jan 2019 06:53
Last Modified: 03 Jan 2019 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77538
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item