PENGARUH PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP PENINGKATAN FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI GRIYA USILA SANTO YOSEF SURABAYA

MUHAMMAD ROZIQIN, 131611123017 (2018) PENGARUH PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP PENINGKATAN FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI GRIYA USILA SANTO YOSEF SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (75kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lanjut usia mengalami kemunduran fisik, mental, dan sosial secara bertahap, salah satunya yaitu penurunan fungsi kognitif. Upaya meningkat fungsi kognitif lansia yaitu dengan diberikan intervensi permainan uno stacko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan uno stacko terhadap peningkatan fungsi kognitif lansia di Griya Usila Santo Yosef Surabaya. Metode: Penelitian ini berdesain quasy-experiment pre-post-test with control group design. Populasi sebanyak 156 lansia di Griya Usila Santo Yosef Surabaya. Total sampel sebanyak 36 responden yang terbagi menjadi dua kelompok; kelompok perlakuan (n=18) dan kelompok kontrol (n=18), di ambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen nya adalah permainan uno stacko. Variabel dependen nya adalah fungsi kognitif. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner MMSE (mini mental state exam). Data di analisis dengan menggunakan paired t-test dan independent t-test (α=0.05). Hasil : Analisis data dengan uji statistik paired T-test pada kelompok perlakuan didapatkan p value = 0.000 yang artinya terdapat peningkatan fungsi kognitif sebelum dan sesudah dilakukan intervensi permainan uno stacko, sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan p value = 0.542 yang artinya tidak terjadi perubahan fungsi kognitif pada lansia. Uji statistik Independent T-test didapatkan hasil p value = 0.000 yaitu terdapat perbedaan signifikan antara posttest kelompok perlakuan dan kontrol. Hasil penelitian menyimpulkan ada pengaruh permainan uno stacko terhadap peningkatan fungsi kognitif lansia. Diskusi : Permainan uno stacko mempunyai pengaruh yang dapat menstimulasi aspek-aspek fungsi kognitif lansia. Perawat dapat menerapkan permainan uno stacko sebagai alternatif terapi non farmakologis untuk meningkatkan fungsi kognitif lansia yang tinggal di panti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 229/18 Roz p
Uncontrolled Keywords: Uno Stacko, Permainan, Fungsi Kognitif, MMSE, Lansia
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD ROZIQIN, 131611123017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEka Mishbahatul M.Has, S.Kep.,Ns.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:06
Last Modified: 04 Jan 2019 04:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item