PENGARUH PROGRAM UKS (USAHA KESEHATAN SEKOLAH) HOLISTIK DALAM PENCEGAHAN PERILAKU AGRESIF DAN HARGA DIRI RENDAH ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SDN BABAT VII BABAT

TITIK NURYANTI, NIM. 131614153075 (2018) PENGARUH PROGRAM UKS (USAHA KESEHATAN SEKOLAH) HOLISTIK DALAM PENCEGAHAN PERILAKU AGRESIF DAN HARGA DIRI RENDAH ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SDN BABAT VII BABAT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 52_18 Nur p ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 52_18 Nur p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Introduction:Perilaku agresif pada anak usia sekolah merupakan perilaku yang dianggap normal pada rentang usia 7-12 tahun. LSM Plan International dan International Center for Research on Women (ICRW) yang dirilis awal Maret 2015 ini menunjukkan fakta mencengangkan terkait kekerasan anak di sekolah. Terdapat 84% anak di Indonesia mengalami kekerasan di sekolah. Salah satu dampak perilaku agresif dan harga diri rendah pada anak sekolah dasar adalah anak tidak mampu bersosialisasi dengan anak yang lain, selain itu prestasi anak dalam bidang akademik juga akan mengalami penurunan. Keadaan ini akan menjadikan anak mengalami gangguan psikologis. Program UKS Holistik sangat diperlukan dalam pencegahan perilaku agresif dan harga diri rendah anak. Program UKS Holistik adalah salah satu program pengembangan UKS disekolah dasar dalam meningkatkan kesehatan baik dari segi biologis, psikologis, sosial dan spiritual pada anak sekolah. Method: Desain penelitian menggunakan jenis quasy eksperimental, dengan populasi 201 anak usia sekolah dengan sampel 26 responden kelompok intervensi dan 26 responden untuk kelompok kontrol. Teknik pengumpulan sampel menggunakan simple random sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner dan chek list, sedangkan uji statistik yang digunakan adalah uji mann whitney dan uji wilcoxon. Result: Program UKS Holistik di sekolah dasar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan perilaku agresif dan harga diri rendah pada anak usia sekolah dasar. Discussion: Banyak negara yang sudah menerapkan pelayanan kesehatan sekolah baik fisik maupun mental. Hal ini dapat berpengaruh dalam upaya promotif dan preventif anak usia sekolah dasar. Oleh karena itu diharapkan di Indonesia program Usaha Kesehatan Sekolah mampu memberikan program baik dari segi biologis, psikologis, sosial dan spiritual.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 52/18 Nur p
Uncontrolled Keywords: pelayanan kesehatan mental sekolah, perilaku agresif, dan harga diri rendah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TITIK NURYANTI, NIM. 131614153075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantHendy Muagiri Magono, Prof., SpKJ (K)UNSPECIFIED
ConsultantHanik Endang Nihayati, Dr., S.Kep.,Ns.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 04 Jan 2019 07:22
Last Modified: 04 Jan 2019 07:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item