HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS PADA PASIEN TB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PERAK TIMUR SURABAYA

TRI RETNO WIDIANINGRUM, 131611123048 (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS PADA PASIEN TB DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PERAK TIMUR SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (120kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pengetahuan dan motivasi pasien TB akan berdampak pada kepatuhannya dalam melaksanakan program pengobatan. Semakin baik pengetahuan seseorang maka akan semakin patuh dalam menjalankan pengobatan berkualitas dan semakin tinggi motivasi seseorang maka akan semakin tinggi antusiasme seseorang untuk mencapai kesembuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan anatar pengetahuan dan motivasi dengan kepatuhan minum obat anti tuberkulosis Metode: Jenis penelitian cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pasien dengan tuberkulosis di wilayah kerja Puskesmas Perak Timur Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 100. Alat ukur yang di gunakan berupa kuesioner, panduan wawancara dan form TB 0. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil Penelitian: Hasil menunjukkan pengetahuan dengan kepatuhan minum obat menunjukkan ada hubungan dengan (p value 0,000), motivasi dengan kepatuhan minum obat menunjukkan hubungan (p value 0,000). Diskusi: Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dan motivasi dengan kepatuhan minum obat anti tuberkulosis pada pasien TB, sebagai perawat puskesmas perlu melakukan pendidikan kesehatan mengenai TB dan memberikan motivasi pada pasien TB dengan menggunakan pendekatan yang terapeutik. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti mengenai faktor-faktor yang lain yang mempengaruhi kepatuhan pasien TB dalam menjalankan program pengobatan, sehingga akan meningkatkan angka kepatuhan dalam minu obat pada pasien TB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 240/18 Wid h
Uncontrolled Keywords: knowledge, motivation, adherence, TB (Tuberculosis).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
TRI RETNO WIDIANINGRUM, 131611123048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTintin Sukartini, Dr.,S.Kp.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:44
Last Modified: 04 Jan 2019 08:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77638
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item