Pemodelan molekul, sintesis dan uji sitotoksik N-(fenilkarbamotioil)-4-klorobenzamida sebagai kandidat antikanker payudara

Kesuma, Dini and Siswandono, Siswandono and Purwanto, Bambang Tri and RUDYANTO, MARCELLINO (2018) Pemodelan molekul, sintesis dan uji sitotoksik N-(fenilkarbamotioil)-4-klorobenzamida sebagai kandidat antikanker payudara. In: Kongres XX & Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Apoteker Indonesia, 18 - 21 April 2018.

[img] Text (FULLTEXT)
Artikel C-14.pdf

Download (3MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
Validasi dan Reviewer C-14.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Jenis kanker yang menyebabkan kematian tertinggi pada perempuan Indonesia adalah kanker payudara. Tingginya prevalensi penyakit ini menjadi masalah yang serius dalam dunia kesehatan. Tujuan: Untuk mendapatkan senyawa antikanker payudara baru turunan N­ ( fenilkarbamotioil)-benzamida, yaitu senyawa N-(fenilkaFbamotioil)-4-klorobenzamida, pada penelitian ini dilaku.kan pemodelan molekul, sintesis dan uji sitotoksik pada sel kanker payudara-MCF- 7. Modifikasi struktur senyawa N-(fenilkarbamotioil)-benzamida ini untuk meningkatkan aktivitas sitotoksik dengan mempertimbangkan faktor elektronik berdasarkan metode Topliss. Metode: Dalam pemodelan molekul secara in silico, dilakukan melalui docking antara senyawa uji dengan 3 hidrofobik dan Epidermal Growth Factor Receptor (EGFR) (PDB. IMI 7). Selanjutnya senyawa disintesis dari reaksi 4-klorobenzoil klorida dengan N-feniliiourea. Struktur molekul dikonfirmasi menggunakan FTIR, C-NMR dan Spektroskopi Massa. Aktivitas antikanker diuji secara in vitro terhadap sel kanker payudara manusia (MCF- 7) 1 H-NMR, 13 dengan menggunakan uji MIT (3-(4,5"-dimetiltiazol-2-il)-2,5-difenilietrazolium bromida). Hasil: Hasil sintesis senyawa uji sesuai dengan analisis spektroskopi dan menunjukkan nilai RS (Rerank 'Score) serta aktivitas antikanker yang lebih baik dari senyawa pembanding Hidroksiurea. Nilai ICso senyawa N-(fenilkarbamotioil)-4-klorobenzamida : 0.53 mM delapan belas kali lebih aktif dari Hidroksiurea: 9.76 mM. Senyawa barn ini lebih sesuai dengan tempat pengikatan enzim daripada Hidroksiurea, sehingga dapat menjelaskan aktivitas penghambatan yang lebih baik, . serta tidak toksik pada sel normal Vero.Kesimpulan: Senyawa N-(fenilkarbamotioil)-4-klorobenzamida telah disintesis dan sangat potensial sebagai agen antikanker terhadap garis sel karsinoma payudara manusia ( sel MCF-7).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: N-(fenilkarbamotioil)-4-kJorobenzamida, antikanker payudara, sel MCF- 7,Docking, EGFR.
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS200-201 Pharmaceutical dosage forms
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Kesuma, DiniUNSPECIFIED
Siswandono, SiswandonoUNSPECIFIED
Purwanto, Bambang Tribambang-t-p@ff.unair.ac.id
RUDYANTO, MARCELLINOUNSPECIFIED
Depositing User: Mr M. Fuad Sofyan
Date Deposited: 06 Jan 2019 04:57
Last Modified: 09 Jan 2019 02:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77672
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item