PENGARUH PIJAT KAKI DAN AMBULASI DINI TERHADAP PERUBAHAN NYERI DAN MEAN ARTERIAL PRESSURE PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMI BERBASIS TEORI COMFORT KOLCABA

ANNISA NUR NAZMI, NIM. 131614153005 (2018) PENGARUH PIJAT KAKI DAN AMBULASI DINI TERHADAP PERUBAHAN NYERI DAN MEAN ARTERIAL PRESSURE PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMI BERBASIS TEORI COMFORT KOLCABA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TKP 58_18 Naz p ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 58_18 Naz p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Pasien pasca operasi yang menjalani pembedahan seperti laparatomi tidak hanya mengalami masalah nyeri namun juga mengalami perubahan hemodinamika seperti peningkatan tekanan darah, peningkatan pernafasan dan frekuensi nadi. Kondisi ini dibutuhkan intervensi keperawatan untuk merilekskan pasien sehingga nyeri berkurang dan hemodinamik kembali stabil, salah satunya dengan pijat kaki dan ambulasi dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pijat kaki dan ambulasi dini terhadap perubahan nyeri dan mean arterial pressure pada pasien post operasi laparatomi berbasis teori comfort Kolcaba di RSUD Blambangan Banyuwangi. Metode: Penelitian ini menggunakan True Experimental dengan pendekatan pretest-postest control group design. Sampel penelitian berjumlah 32 respoden dan dibagi ke dalam 1 kelompok perlakuan dan 1 kelompok kontrol. Uji statistik yang digunakan adalah manova. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh pijat kaki dan ambulasi dini terhadap perubahan nyeri dengan nilai p= 0,017dan tidak ada pengaruh pijat kaki dan ambulasi dini terhadap mean arterial pressure dengan nilai p= 0,390. Kesimpulan: Pemberian pijat kaki dan ambulasi dini memberikan pengaruh dalam menurunkan nyeri namun tidak berpengaruh dalam perubahan mean arterial pressure pada pasien post operasi laparatomi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 58/18 Naz p
Uncontrolled Keywords: Laparatomi, Pijat Kaki, Ambulasi dini, Nyeri, Mean Arterial Pressure
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD701-811 Orthopedic surgery
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ANNISA NUR NAZMI, NIM. 131614153005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantElyana Asnar, Dr., STP., dr., MS.UNSPECIFIED
ConsultantErna Dwi Wahyuni, S.Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:58
Last Modified: 07 Jan 2019 01:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77701
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item