HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH PADA REMAJA

AYU TRIA KARTIKA PUTRI, 131411133023 (2018) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (20kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Perilaku bullying menempati kasus anak tertinggi di Indonesia sejak tahun 2011 hingga 2017. Anak yang mengalami bullying di sekolah yaitu sebanyak 84%. Perilaku bullying dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, teman sebaya, sekolah, serta media dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan penggunaan media sosial dengan perilaku bullying di sekolah pada remaja. Metode: penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu 3749 yang berasal dari satu sekolah menengah pertama dan satu sekolah menengah kejuruan di Surabaya. Sampel yang diperoleh yaitu 349 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner Parenting Style and Dimensions Questionnaire, penggunaan media sosial, dan Adolescent Peer Relations Instrument secara langsung pada responden, selanjutnya dianalisis dengan uji Chi Square. Responden penelitian yaitu remaja usia 13-18 tahun, tinggal bersama orang tua, dan memiliki media sosial. Variabel independen penelitian ini yaitu pola asuh orang tua dan penggunaan media sosial. Variabel dependen penelitian ini yaitu perilaku bullying. Hasil: hasil penelitian ini yaitu ada hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying (p=0,009). Ada hubungan antara penggunaan media sosial dengan perilaku bullying (p=0,000). Diskusi: Perilaku bullying di sekolah pada remaja dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan penggunaan media sosial. Remaja dengan pola asuh authoritarian beresiko lebih besar terlibat perilaku bullying. Remaja yang aktif menggunakan media sosial rentan terlibat bullying. Perilaku bullying memberikan dampak negatif bagi pelaku maupun korbannya, seperti gangguan emosi, konsumsi alkohol, penyalahgunaan obat, gejala psikosomatis, dan kurang percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 242/18 Put h
Uncontrolled Keywords: Parenting Style, Social Media, Bullying Behavior, Adolescent
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
AYU TRIA KARTIKA PUTRI, 131411133023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlya Krisnana, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2019 10:25
Last Modified: 07 Jan 2019 10:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/77764
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item